Desain Ruang Tamu Minimalis
Bisnis

Begini Desain Ruang Tamu Minimalis yang Cantik dan Elegan!

Ruang tamu merupakan ruangan terdepan dalam sebuah rumah. Memiliki ruang tamu dengan ukuran yang minimalis seharusnya tidak menjadi masalah yang besar buat kamu yang memiliki kreatifitas sendiri dalam mendekorasi atau mendesain ruang tamu minimalis di rumahmu.

Terdapat banyak hal yang harus kamu perhatikan dalam mendekorasi ruang tamu agar terkesan tidak terlalu sempit untuk ditempati. Penataan ruang yang tepat akan memberikan kesan yang luas dan nyaman sehingga kamu atau pun tamu yang datang berkunjung akan merasa betah.

Maka, kamu dapat memperhatikan beberapa tips berikut ini dan bisa kamu jadikan juga sebagai referensi dan inspirasi untuk desain ruang tamu minimalis dari Master Rumah pada tempat tinggal kamu.

  1. Cat dinding dengan warna yang terang

Yang paling pertama kamu bisa mendesain ruang tamu kamu dengan memberikan sentuhan warna terang pada bagian dinding. Beberapa warna terang yang bisa kamu gunakan yaitu seperti warna putih, krem, abu muda, atau pun juga warna-warna netral yang dapat memberikan kesan luas pada ruangan.

Selain itu, kamu juga dapat mengkombinasikan warna cerah pada dinding dengan menambahkan aksen-aksen warna yang lebih cerah lagi agar ruangan lebih ceria dan tidak membosankan. Dengan warna-warni seperti ini, maka ruang tamu minimalis pun akan terasa sangat lega dan nyaman untuk disinggahi.

Desain Ruang Tamu Minimalis
  1. Ukuran sofa yang sesuai dengan ukuran ruang tamu

Saat kamu berniat untuk membeli sofa untuk ruang tamu, akan lebih baik jika kamu mengukur luas ruang tamu terlebih dahulu dan memperkirakan ukuran sofa yang akan kamu beli. Hal ini dilakukan agar kamu tidak salah membeli sofa dengan ukuran yang terlalu besar sehingga memakan banyak ruang dan membuat ruang tamu jadi lebih sempit.

Pilihlah sofa dengan ukuran minimalis yang sesuai dengan luas ruang tamu kamu, jadi kamu masih bisa memiliki banyak ruang gerak di dalamnya. Dan, kamu juga harus memperhatikan model jenis sofa yang akan kamu beli. Harus kamu sesuaikan juga dengan model meja, lampu, atau peralatan lain yang ada di ruang tamu sehingga tidak mengganggu pemandangan.

  1. Meletakkan perabot multifungsi di ruang tamu

Perabotan multifungsi yang dimaksudkan di sini yaitu seperti rak penyimpanan yang berguna untuk menyimpan atau bahkan memberikan pernak-pernik untuk menghias ruang tamu. Kamu bisa memilih rak penyimpanan dengan desain yang ringan dan sederhana agar tidak memenuhi ruangan.

Perabotan multifungsi lainnya yaitu seperti box penyimpanan yang juga bisa dialihfungsikan menjadi tempat duduk. Tentu akan sangat menghemat ruang, bukan?

  1. Maksimalkan dinding pada ruang tamu

Kamu bisa memanfaatkan dinding pada ruang tamu kamu dengan semaksimal mungkin. Letakkan rak gantung pada dinding-dinding untuk memajang beberapa koleksi buku, majalah, pajangan, atau hiasan ruang tamu lainnya. 

Kamu juga bisa memberikan lampu sebagai penerangan dalam ruang, sesuaikan dengan desain ruang tamu minimalis kamu.

  1. Gunakan karpet pada ruang tamu

Dan yang terakhir yaitu kamu bisa menggunakan karpet sebagai tambahan dekorasi ruang tamu. Dengan adanya karpet di ruang tamu tentu akan memberikan kesan lembut dan hangat sehingga tamu yang datang berkunjung pun akan merasa nyaman berada di sana.

Meskipun begitu, akan lebih baik jika karpet tersebut tidak menutupi setengah lantai ruang tamu, dan kamu juga harus menyesuaikan antara motif karpet dengan keseluruhan tema ruang tamu.