Virus panleukopenia
kesehatan

Inilah Gejala Virus Panleukopenia Pada Kucing

Ketika memiliki hewan peliharaan seperti kucing, hal yang wajib Anda perhatikan adalah kesehatannya. Pasalnya ada cukup banyak penyakit pada kucing yang bisa menyebabkan kematian. Salah satu penyakit paling berbahaya bagi kucing adalah penyakit yang disebabkan oleh virus panleukopenia. Virus ini adalah jenis virus yang menular melalui kontak dengan sumbernya. Ketahui beberapa gejala dari panleukopenia agar bisa melakukan penanganan yang tepat:

Gejala Virus Panleukopenia

Gejala ketika kucing terinfeksi panleukopenia cukup terlihat. Kebanyakan kucing adalah hewan yang aktif dan banyak bergerak. Namun ketika terinfeksi virus, mereka menjadi hewan yang lesu dan terlihat lemas. Selain itu, kucing juga mengalami beberapa masalah seperti demam, muntah, hingga diare. Virus penyebab panleukopenia memang dapat menurunkan sel darah putih sehingga sistem kekebalannya menurun. Pada umumnya, virus akan merusak beberapa bagian tubuh kucing seperti sumsum tulang belakang, usus, dan getah bening.

Virus panleukopenia

Penyebab Panleukopenia

Panleukopenia disebabkan oleh virus yang bernama feline parvovirus atau FPV. Sama seperti kebanyakan virus lain, virus ini juga bisa menular. Cara penularannya yaitu melalui muntahan, kotoran, atau cairan tubuh kucing yang terinfeksi. Tempat makan atau lingkungan kucing juga bisa menyebarkan virus.

Cara Mengobati Panleukopenia

Apabila kucing mengalami gejala virus panleukopenia, Anda harus segera melakukan penanganan. Langsung bawa ke dokter hewan agar bisa dilakukan penanganan yang tepat. Pasalnya penangan dari penyakit ini cukup serius sehingga membutuhkan bantuan ahli.

Cara Mencegah Panleukopenia

Melakukan pencegahan akan lebih baik dibandingkan mengobati. Anda bisa melakukan pencegahan dengan memberikan vaksin. Selain itu, selalu jaga kebersihan kucing maupun lingkungannya. Mandikan kucing paling tidak satu hingga dua kali dalam sebulan. Bersihkan kandang secara rutin kemudian berikan disinfektan.

Itulah pembahasan mengenai gejala virus panleukopenia. Lakukan penanganan dan pencegahan yang tepat agar kucing Anda selalu sehat. Jika mencari makanan yang tepat untuk anak kucing Anda, pilih produk Royal Canin. Produk tersebut terdiri dari banyak jenis sehingga bisa disesuaikan dengan ras, usia, maupun kondisi kucing. Informasi mengenai produk makanan kucing Royal Canin dapat dilihat di www.royalcanin.com