arti toddler
kesehatan

Ketahui Arti Toddler, Masa Penting untuk Tumbuh Kembang Anak

Setiap orang tua pasti bahagia menyaksikan setiap tahapan pertumbuhan buah hatinya. Apalagi, ketika si kecil telah menginjak usia satu tahun ke atas. Dimana pada tahapan ini akan menjadi periode yang penting untuk tumbuh kembang anak di masa depan. Ketika si kecil telah memasuki usia satu tahun, hal ini menjadi tanda bahwa si kecil telah mulai memasuki usia toddler. Lalu, apakah yang dimaksud dengan toddler?  Ketahui arti toddler lebih lanjut pada pembahasan berikut.

Anak disebut telah memasuki usia toddler, ketika si kecil telah berusia 12 bulan hingga 36 bulan. Istilah toddler berasal dari kata to toddle yang memiliki arti berjalan dengan tidak stabil. Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh si kecil pada tahapan usia 1-3 tahun. Fase  toddler merupakan fase awal bagi balita. Dimana fase ini merupakan lanjutan setelah fase bayi dalam 1000 hari pertama kehidupannya atau Golden Age Period.

Pada fase toddler, mobilitas anak sudah mulai aktif. Dimana si kecil mulai melakukan berbagai aktivitas seperti berjalan, berlari, memanjat, meraih, dan berbicara secara aktif. Arti toddler ini sangat penting untuk masa tumbuh kembang si kecil. Ketahui ciri-ciri anak telah memasuki fase toddler, meliputi: 

G:\ARTIKEL INDO\OKTOBER 2021\SUSAN PROJECT\Dancow GUM Batch 3-8 (Oct-Dec)\Dancow GUM Batch 3-8 (Oct-Dec) - Minggu 1\Placement\arti toddler 2.jpg
  • Perkembangan  fisik anak sangat pesat 
  • Koordinasi sarafnya berkembang sangat cepat 
  • Kemampuan fisik, mental, dan bahasa berkembang paling aktif
  • Rasa ingin tahunya sangat tinggi
  • Menemukan yang ingin diketahui
  • Menentukan makna yang ia temukan
  • Aktif menjelajah lingkungan sekitarnya 
  • Sangat suka untuk mencoba hal baru

Masa toddler sangat penting untuk si kecil. Karena semua perkembangan yang terjadi selama masa toddler ini tidak dapat diulang kembali. Seperti perkembangan otak anak yang berjalan pesat dan pencapaian tumbuh kembangnya. Untuk memaksimalkan arti toddler dalam tumbuh kembang si kecil, penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Yang mana akan mempengaruhi kesehatan dan perkembangan keterampilan anak. Baik itu kognitif, fisik, sosio-psikologis, emosional dan bahasa, sebagai fondasi awal untuk masa depannya.

Bantu optimalkan tumbuh kembang si kecil di masa toddler dengan mendampingi aktivitasnya, dan memenuhi kebutuhan nutrisinya. Lengkapi kebutuhan nutrisi si kecil dengan produk susu pertumbuhan Dancow 1+ dengan Nutritods. Susu pertumbuhan ini diformulasikan secara khusus untuk toddler Indonesia pada usia 1-3 tahun. Dengan kandungan 0 gram sukrosa dan lebih banyak laktosa, susu pertumbuhan ini bermanfaat untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.