Ruam Anak
Bisnis

6 Cara Mengatasi Ruam Anak Berdasarkan Jenisnya

Anda mungkin tidak asing lagi dengan kondisi kulit anak yang ditandai dengan bintil, gatal, dan adanya cairan di dalamnya. Kondisi tersebut dikenal sebagai ruam anak dan dianggap umum terjadi. Jenis-jenis ruam yang terjadi pada anak juga bervariasi, ada yang disebabkan oleh infeksi bahkan popok. 

Mengingat faktor penyebab ruam itu bervariasi, maka cara untuk mengatasinya juga tidak sama. Anda harus menggunakan cara yang sesuai dengan jenis ruam yang diderita oleh si kecil.

Bagaimana Cara Mengatasi Ruam Pada Anak Berdasarkan Jenisnya?

Sebagaimana yang telah diketahui sebelumnya, bahwa ruam pada anak disebabkan oleh beberapa hal. Berikut ini adalah cara mengatasi ruam berdasarkan jenisnya:

1. Ruam Biduran

Jenis ruam pertama yang terjadi pada anak adalah biduran. Kondisi ini ditandai dengan munculnya bentol-bentol merah pucat secara tiba-tiba. 

Biduran biasanya muncul pada kaki, tangan, badan, atau wajah. Biduran bisa terjadi beberapa hari, tapi ada juga yang hanya sehari.

Jika bayi mengalami biduran, langkah yang perlu Anda lakukan adalah memandikannya dengan air dingin (tetapi jangan menggunakan air terlalu dingin). Selain memberikan air dingin, Anda juga bisa memakai krim yang mengandung calamine.

Ruam Anak

2. Biang Keringat

Kondisi biang keringat ini biasa dialami oleh anak-anak. Biasanya mereka akan sangat rewel karena rasa gatal di area kulit yang mengganggu. Ruam gara-gara biang keringat juga bisa membuat anak kesulitan tidur.

Biang keringat umum dialami oleh anak-anak, tetapi Anda juga bisa membantu anak untuk segera sembuh. Cara mengatasinya antara lain memberikan minyak, bedak, atau lotion. Selain itu, nyalakan kipas atau buka jendela agar si kecil udara yang tersedia untuk anak bisa lebih bersih.

3. Ruam Kulit Kepala

Kondisi berikutnya adalah ruam merah di kulit kepala, sisi hidung, belakang telinga, alis, atau kelopak mata. Kondisi ini sering disebut sebagai Cradle Cap, lama kelamaan ruam tersebut akan berwarna coklat bersisik dan kering.

Kondisi ini disebabkan oleh produksi minyak yang berlebih. Meskipun kondisi Cradle Cap tidak terlalu bahaya, tetapi dapat menyebabkan rambut bayi sulit tumbuh.

Cara untuk mengatasinya adalah membersihkan area Cradle Cap menggunakan air hangat dan sampo. Anda bisa berkonsultasi langsung dengan ahlinya untuk memilih produk sampo serta lotion khusus untuk bayi.

4. Eksim

Kondisi ruam selanjutnya adalah eksim yang merupakan ruam dengan kulit yang kemerahan, pecah-pecah, radang, dan kering pada beberapa bagian tubuh. Eksim akan muncul pada beberapa area lipatan seperti siku, leher, belakang lutut, telinga, dan mata.

5. Eksim

Kondisi ruam selanjutnya adalah eksim yang merupakan ruam dengan kulit yang kemerahan, pecah-pecah, radang, dan kering pada beberapa bagian tubuh. Eksim akan muncul pada beberapa area lipatan seperti siku, leher, belakang lutut, telinga, dan mata.

Cara mengatasi eksim yang bisa Anda lakukan adalah mengobatinya dengan krim dari dokter atau obat resep.

6. Jerawat Bayi

Jerawat bayi atau jerawat neonatal biasanya disebabkan oleh bayi. Kondisi ini disebabkan oleh jamur dan timbul sementara pada kulit tubuh atau wajah bayi.

Gejalanya adalah adanya benjolan atau kemerahan pada kulit. Anda bisa mengatasinya dengan tidak memencet jerawat.

Itulah beberapa cara mengatasi ruam anak berdasarkan jenis-jenisnya. Jika Anda merasa khawatir, lebih baik segera menemui dokter untuk berkonsultasi lebih lanjut tentang ruam pada anak.