nota
Bisnis

Berbagai Macam Buku Nota dari Snapy

Dalam kehidupan sehari – hari, kita pasti memerlukan banyak barang kebutuhan. Untuk itu, kita harus pergi ke pasar, toko, atau swalayan terdekat untuk mendapatkannya. Pada saat kita berbelanja barang kebutuhan, bisanya kita akan mendapat bukti pembayaran atau nota. Nota sendiri merupakan bukti transaksi yang valid dan dapat digunakan untuk melakukan klaim jika barang yang kita beli palsu atau rusak. 

Karena nota sangat penting, para pedagang atau perusahaan perlu menyediakannya dalam jumlah banyak. Untuk mendapatkan buku nota yang berkualitas, anda bisa memesannya secara online atau offline melalui Snapy. Snapy merupakan salah satu perusahaan percetakan profesional yang melayani pembuatan nota, stempel, kartu nama, dan amplop.

Surat transaksi ini sendiri terbagi menjadi tiga macam, yaitu nota kontan, nota debet, nota kredit. Untuk lebih jelasnya, berikut penjabaran dari masing – masing nota dan fungsinya.

Jenis – Jenis Nota Dari Snapy

nota
nota

1. Nota Kontan

Nota kontan adalah surat bukti transaksi yang diberikan oleh penjual kepada pembeli setelah melakukan transaksi. Biasanya terdapat dua nota kontan, satu untuk pembeli dan yang satu lagi untuk si penjual. Nota kontan ini bisanya memuat beberapa data seperti nama toko atau perusahaan, alamat, nama penjual, nama penerima atau pembeli, alamat pembeli, nama barang, jumlah barang, harga barang, serta kolom tanda tangan.

2. Nota Debet

Nota debet merupakan surat bukti transaksi yang diberikan oleh pembeli kepada penjual. Surat bukti transaksi ini sendiri fungsinya adalah untuk meminta potongan harga kepada penjual karena barang yang diterima tidak sesuai dengan permintaan pembeli atau karena barang yang diterima mengalami kerusakan saat dikirim. Data yang dimuat dalam nota debet antara lain: tanggal, alamat, nama penerima (penjual), keluhan, serta tanda tangan pengirim (pembeli).

3. Nota Kredit

Nota kredit adalah bukti transaksi perdagangan yang di berikan oleh penjual barang atau jasa kepada pembeli. Nota kredit berfungsi sebagai bukti penerimaan barang atau bukti pengambilan barang. Selain itu, nota kredit ini juga berfungsi sebagai bukti persetujuan dari penjual terkait pengurangan harga barang yang diajukan oleh pembeli dan dibuktikan dengan diterimanya nota debet. 

Fungsi Lain Dari Nota

Setelah mengetahui sekilas tentang macam – macam nota dan fungsinya, berikutnya kita bahas apa saja fungsi dari nota selain dari fungsi yang telah disebutkan di atas.

1. Bukti rekap transaksi internal perusahaan

Dalam sebuah laporan keuangan, data yang harus dimasukkan bukan hanya data dalam bentuk table dan angka saja, tapi juga nota transaksi sebagai bukti bahwa perusahaan pernah melakukan transaksi internal.

2. Bukti rekap transaksi eksternal perusahaan

Sama seperti laporan keuangan dalam transaksi internal, nota juga berfungsi sebagai bukti transaksi valid dalam laporan keuangan transaksi eksternal. Nota transaksi wajib dimasukkan dalam dokumen laporan keuangan sebagai bukti bahwa perusahaan pernah melakukan transaksi dengan pihak luar, baik secara kontan maupun kredit.

3. Bukti transaksi dalam dokumen laporan keuangan

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, nota berfungsi sebagai bukti valid atau bukti tertulis bahwa perusahaan pernah melakukan transaksi internal atau eksternal dengan pihak lain. Nota sendiri biasanya dimasukkan atau ditempelkan pada bagian lampiran, kemudian diperbanyak sesuai jumlah dokumen yang diperlukan.

4. Alat Cek dan Ricek

Dengan adanya bukti transaksi yang dimasukkan dalam dokumen laporan keuangan, maka pihak perusahaan bisa dengan mudah melakukan pengecekan. Jika data laporan keuangan tidak sesuai dengan nota – nota yang tercantum, maka dokumen tersebut harus direvisi karena tidak valid dan berpotensi menimbulkan kerugian bagi perusahaan.

Mengingat betapa pentingnya nota dalam sebuah transaksi, sebuah perusahaan harus menyediakan buku nota dalam jumlah banyak agar segala jenis transaksi dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, Snapy sengaja menyediakan layanan pembuatan nota dalam jumlah besar dan dicetak dengan tinta serta kertas berkualitas tinggi. Untuk lebih jelasnya, kunjungi website resmi Snapy di http://www.snapy.co.id/