perhiasan berlian asli
Bisnis

Cara yang Benar Membedakan Perhiasan Berlian Asli

Aksesoris perhiasan menjadi satu hal yang diutamakan oleh kaum wanita, terlebih mereka yang gemar menampilkan gaya busana yang glamour, sudah seharusnya perhiasan tidak boleh dilupakan. Setiap wanita pun memiliki selera yang berbeda-beda cara memakai beberapa jenis perhiasan, mulai dari perhiasan emas, berlian, intan, dan batu mulia lainnya. Mungkin kebanyakan wanita, lebih memilih dan suka terhadap jenis perhiasan berlian asli. Apakah anda sama halnya seperti itu?

Harga perhiasan berlian yang cukup mahal, tidak menutup kemungkinan ada oknum yang tidak bertanggung jawab memasukkan produk perhiasan berlian tersebut. Jika saja anda tidak mengetahui cara membedakannya, dikhawatirkan anda akan mendapatkan produk yang palsu.

Image result for berlian miss mondial

Untuk menghindari hal tersebut, kami punya beberapa cara untuk membedakan mana perhiasan berlian asli dan mana perhiasan berlian yang palsu. Simak penjelasannya di bawah ini:

1. Uji fog test

Cara sederhana yang pertama tidak memerlukan peralatan-peralatan yang sering kita jumpai berupa alat modern. Akan tetapi, anda hanya perlu menguji nya dengan embun atau uap dari mulut saja. Anda bisa hembuskan napas pada permukaan berlian, jika anda menemukan uap yang menempel pada berlian dan tidak hilang dalam beberapa detik, itu artinya berlian yang anda miliki palsu. Sedangkan berlian asli, uap yang menempel di permukaan berlian seketika akan hilang.

2. Uji berlian dengan loupe

Alat uji ini sebetulnya sederhana dan anda pun bisa membelinya di toko toko perhiasan tertentu. Loupe merupakan sebuah alat uji perhiasan berupa kaca pembesar, yang mana tingkat ketajaman pandangnya sangatlah dalam. Dengan alat ini, anda pun dapat dengan mudah membedakan mana berlian asli dan menampilkan palsu.

3. Gosok permukaan berlian dengan amplas kasar

Mungkin ke negaranya agak aneh, tetapi cara ini cukup akurat untuk bisa membedakan berlian asli dan palsu. Pertama-tama anda siapkan amplas kasar, gosok permukaan berlian, dan jika anda menemukan bekas goresan dari amplas, berarti berliannya palsu. Sedangkan berlian asli, meskipun digosok berulang kali tidak akan terpengaruh sedikitpun.