Sebagai seorang Bunda dari buah hati yang aktif, tentunya Anda ingin memberi yang terbaik, terutama untuk konsumsi mereka. Salah satu jenis makanan yang disarankan adalah probiotik. Dicetuskan pertama kali oleh ahli zoologi Rusia, rupanya bahan ini memiliki peranan bakteri yang menguntungkan lho. Yuk, simak 3 bahan makanan apa saja yang mengandung probiotik dan bagus diberikan untuk anak Anda.

Sumber Makanan yang Mengandung Probiotik

 

peranan bakteri yang menguntungkan
peranan bakteri yang menguntungkan

Banyak ahli nutrisi dan dokter yang mengklaim bahwa probiotik sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Memang benar, menurut penemunya, probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang berada di dalam makanan serta memiliki peranan bakteri yang menguntungkan bagi tubuh.

Jika pada orang dewasa sumber makanan ini bagus untuk diet, maka pada anak-anak probiotik sangat bagus untuk menunjang tumbuh kembang mereka. Lalu, kira-kira 3 jenis makanan yang mengandung probiotik apa saja ya?

  1. Miso

Jenis makanan mengandung probiotik yang pertama adalah Miso. Sup kedelai asal Jepang ini memang disebut sebagai sumber probiotik alami. Pasalnya, bahan utama Miso adalah kedelai yang difermentasi. Nah, jika Anda bisa memasaknya, Anda boleh banget lho Bunda untuk sekali-kali membuat menu resep masakan Miso untuk si buah hati.

  1. Keju

Jenis makanan yang mengandung probiotik yang kedua adalah Keju. Makanan yang juga fermentasi ini mengandung bakteri baik yang sangat bagus untuk tubuh. Warnanya yang kuning muda juga semakin menggugah selera kala dipadukan dengan roti untuk sandwich. Nah, beberapa jenis keju yang bisa Bunda pilih adalah Gouda, Mozzarella, dan Cottage.

  1. Tempe

Terakhir, jenis makanan yang mengandung probiotik adalah tempe. Jenis makanan ini adalah asli Indonesia dan sangat populer juga di seluruh dunia. Berasal dari kedelai fermentasi, tempe rupanya dapat mendatangkan kebaikan pada tubuh si kecil karena mengandung probiotik alami. Selain itu, bahan makanan nabati satu ini juga mengandung sumber protein dan vitamin B12 yang mana sangat bagus untuk sistem pencernaan anak.

Nah, jika Anda sudah tahu 3 jenis makanan apa saja yang mengandung probiotik, Anda bisa juga tambah memberi anak konsumsi susu. Salah satu merk yang disarankan untuk si kecil dan bagus dikonsumsi karena mengandung probiotik adalah Dancow. Dengan kandungan Bifodobacterium longum dan Lactobacillus rhamnosus, susu ini akan membantu tumbuh kembang anak menjadi lebih sehat.

Demikian ulasan mengenai 3 jenis makanan yang mengandung probiotik dimana memiliki peranan bakteri yang menguntungkan. Semoga bermanfaat.