Batu berlian sering digunakan sebagai perhiasan bagi sebagian orang yang tertarik dengan barang berkilau. Berlian biasa dibuat untuk perhiasan seperti cincin, kalung, anting dan lainnya. Perhiasan berlian asli terbuat dari batu berlian berkualitas tinggi yang telah melalui proses pengasahan dan cutting yang tepat. Batuan ini berasal dari bawah tanah jauh di dasar bumi dan bisa keluar dengan bantuan gunung meletus. 

Proses pembentukan, pencarian dan pengolahannya yang sulit inilah yang membuat batu berlian menjadi sangat berharga dan mahal. Batu berlian memiliki ciri-ciri anti gores, anti panas, tidak bisa mengapung, memantulkan cahaya dengan sempurna, pantulan/refleksi tidak jelas dan lain-lain. Selain itu, batu berlian juga memiliki kategori langka, yaitu yang berwarna merah, pink, kuning dan biru.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

5 Cincin Perhiasan Berlian Asli Termahal 

Batu berlian memang memiliki koleksi yang langka, namun hanya terdiri dari beberapa warna saja. Dengan kata lain, tidak semua berlian warna bisa dikategorikan sebagai berlian langka asli. Untuk itu, penting sekali mengetahui informasi di bawah ini tentang 5 jenis cincin berlian paling mahal di dunia, antara lain: 

  • Blue Diamond Ring atau Cincin Berlian Bermata Biru

Blue diamond ring ini terbentuk dari bahan atau material platinum dan memiliki bentuk yang unik yaitu seperti cushion atau bantal. Tak hanya bermata biru, cincin berlian ini juga dikelilingi oleh berlian merah jambu dengan ukuran lebih kecil di kedua sisinya. Kisaran harga cincin berlian biru ini mencapai puluhan hingga ratusan juta, bahkan setiap perpindahan tangan pemilik bisa menjadi lebih mahal.

  • The Vivid Pink atau Cincin Berlian Bermata Merah Muda

Warna merah muda atau pink merupakan salah satu warna batu berlian yang tergolong langka dan cukup mahal daripada warna lainnya. Cincin berlian yang sangat cantik berwarna merah muda ini dibuat dengan mata berlian yang berasal dari Afrika Selatan atau Afsel. Karena sangat langka dan sulit dicari, berlian berwarna merah mudah ini hanya bisa ditemukan di tambang Koffefontein di Afrika Selatan.

  • Bvlgari Blue Ring 

Bvlgari Blue Ring ini memang cukup terkenal dan berhasil meramaikan dunia dengan harganya cukup mahal. Hal ini karena cincin berlian ini berhasil meraih rekor sebagai potongan atau cutting berlian triangle terbesar di dunia. Cincin terbuat dari kombinasi berlian biru 10,95 karat dengan berlian putih 9,87 karat. Cincin berlian ini didesain oleh rumah mode Bvlgari, dirilis di Roma, Italia dan akhirnya dibawa ke Amerika Serikat.

  • Dream Diamond Ring atau Cincin Berlian Mimpi

Dengan nama yang cukup unik membuat cincin berlian yang satu ini juga menyita perhatian banyak orang. Tak hanya itu, cincin ini juga memiliki desain cushion yang cantik dengan 11 potongan berlian kecil yang disusun seperti mozaik. Bahkan, jika di total dari seluruh karat per potongan kecil berlian, nilainya hampir mencapai 100 karat.

  • Wittelsbach-Graff Diamond Ring 

Batu berlian pada cincin ini ditemukan pada abad ke-17 di Tambang Kulloor, Distrik Guntur, India. Keunggulan dari cincin ini adalah kedalaman warna dan bias cahaya yang sempurna, itulah mengapa harganya menjadi sangat mahal. Padahal jika dibandingkan dengan Pink Star Diamond atau Dream Diamond Ring, nilai karatnya lebih kecil. 

Itulah beberapa cincin perhiasan berlian asli yang paling terkenal dan memiliki harga paling mahal di dunia. Semoga informasinya bermanfaat.