Ada banyak cara untuk mencari penghasilan tambahan selain dari pendapatan tiap bulan yang kita terima secara rutin. Jika kita tidak mempunyai waktu untuk melakukan kerja sampingan, maka kita harus mulai berpikir untuk mencari sebuah investasi. Investasi aman dan menguntungkan bisa kita lakukan dengan banyak cara, seperti saham, emas, obligasi dan yang lainnya. Kita harus mencari investasi yang akan memberikan keuntungan yang tinggi dari tingkat inflasi tahunan. Jika kita adalah seorang pemula yang belum pernah melakukan investasi, pasti akan ada banyak kekhawatiran. Oleh karena itu artikel ini akan memaparkan tips investasi aman bagi pemula. Berikut ini cara melakukan investasi yang aman untuk seorang pemula.

  1. Investasi aman pada waktu yang tepat

Keberhasilan dari sebuah investasi aman adalah mengetahui tentang kehidupan dan ekonomi yang sedang berjalan. Jika sudah tiba waktu yang tepat untuk melakukan ivestasi, maka kita harus segera investasikan uang kita. Kita harus selalu melihat sebuah siklus ketika ingin mengawali investasi. Mengenal siklus kehidupan dan ekonomi sangat penting bagi pemula.

2. Menentukan industri berdasarkan siklus investasi

Selain siklus kehidupan dan juga ekonomi, kita harus mengetahui sebuah siklus yang sedang berlangsung. Seperti siklus finansial di negara Amerika yang pernah berjaya sekita tahun 80 sampai akhir 90-an. Kini Amerika sudah memasuki ke siklus seperti baja, sawit, minyak mentah dan yang lainnya.

3. Mengamati tiap siklus

Sangatlah penting bagi pemula untuk mengamati siklus di setiap instrumen invesstasi. Kita bisa memilih investasi yang sedang trend. Seperti halnya di Amerika kini sudah masuk terhadap siklus komoditas yang telah disebutkan di poin kedua.

4. Mencari instrumen investasi

Kita harus memilih instrumen investasi yang kita kuasai. Jadi kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis investasi seperti reksa dana, loga mulia dan peer to peer lending. Dengan mengetahui kedua jenis investasi tersebut, kita bisa lebih mudah menentukan pilihan jenis investasi yang akan kita pilih.

5. Investasi aman dalam jangka waktu yang panjang

Kita harus mampu menahan investasi dalam jangka waktu yang panjang karena untuk bisa menepis volatilitas dan juga resiko kerugian. Kesalahan besar yang memang sering di lakukan oleh investor adalah selalu melindungi portofolionya, sehingga investor tersebut sering panik ketika pasar mengalami penurunan dan melepas seluruh investasinya. Padahal hal yang harus dilakukan oleh investor adalah keyakinan jika trend melemah itu hanyalah sebagian dari siklus yang suatu saat nanti juga akan kembali menjadi kuat.

6. Mengevaluasi setiap trend peluang investasi

Kita harus menjadi investor yang berbanding terbalik namun tidak melawan pasar. Seperti ketika semua orang melakukan pembelian dan kita harus menjadi penjualnya dan juga sebaliknya jika banyak orang yang menjual, kita harus menjadi pembeli.

7. Mengetahui puncak dari siklus investasi

Sebuah investasi akan sampai pada puncaknya sebelum pada akhirnya masuk ke dalam trend menurun. Puncak dari sebuah investasi tidak bisa kita lihat dengan mata telanjang namun kita akan mengetahuinya dengan ciri-ciri seperti imbal hasil yang kita dapatkan tiba-tiba mengebut, semua orang akan membicarakan keberhasilan yang kita dapatkan dan semua orang akan beralih profesi untuk berdagang saham secara online.

Dengan pemaparan tersebut diatas, maka kita sebagai pemula sudah bisa melakukan investasi yang sesuai dengan potensi yang kita miliki. Perhatikanlah ketujuh hal tersebut di atas agar kita bisa mudah melakukan investasi dan akan merasakan keuntungannya di masa yang akan datang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here