Tren fashion di Indonesia yang kian berkembang tentunya dipengaruhi oleh perkembangan fashion yang ada di dunia. Produk fashion luar negeri seringkali menjadi contoh bagi Indonesia dalam pengembangan ide-idenya. Banyak juga tren fashion dari luar negeri yang juga menjadi tren masa kini di Indonesia.

Sebenarnya, Indonesia juga memiliki potensi yang besar dalam perkembangan dunia fashion yang sudah semestinya dikembangkan oleh para designer yang ada di Indonesia ini. Seperti halnya berbagai jenis kain tenun tradisional yang berasal dari beberapa daerah di Indonesia yang bisa dikembangkan menjadi tren fashion masa kini dalam bentuk berbagai model pakaian yang indah.

Kain Tenun Tradisional Beberapa jenis kain tenun tradisional yang ada di Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Tenun sederhana, yang dibuat dengan menggunakan benang lusi dan pakan. Tenunan ini biasanya berbentuk anyaman polos yang menghasilkan kain yang bercorak sederhana seperti lurik atau kotak-kotak. Kain tenun sederhana banyak dibuat di daerah Jawa Barat, Jwa Tengah, khsusnya Yogyakarta.
  • Tenun ikat, yaitu proses penenunan dengan cara mengikat benang lusi atau pakan yang telah dipasang pada suatu alat perentang yang menyerupai bingkai gambar sebelum selanjutnya dilakukan proses penyelupan warna dan kemudian di tenun sesuai corak yang dikehendaki. Kain tenun ikat ini biasanya terdapat di daerah Sumatera, Jawa, Bali, NTT, NTB, dan Kalimantan.
  • Tenun khusus, yaitu proses tenun yang menggunakan teknik songket sebagai tambahan proses tenunnya. Teknik tenun songket ini merupakan teknik menenun yang menambahkan bahan lain kedalam struktur kain, seperti benang emas, perak atau tembaga. Contoh kain tenun songket banyak terdapat di Sumatera Selatan, Bangka, Sumatera barat, Lampung, dan Jambi.

Berbagai jenis kain tenun tradisional ini menjadi ciri khas yang identik dengan pakaian adat sesuai daerah yang ada di Indonesia ini. Saat ini, banyak juga model pakaian modern yang proses pembuatannya dipadukan dengan kain tenun tradisonal dan sudah menjadi tren fashion masa kini yang menarik perhatian banyak orang, termasuk orang asing yang berkunjung ke Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here