Minat mengenyam pendidikan di luar negeri kini semakin meningkat apalagi setelah munculnya film Laskar Pelangi, Negeri 5 Menara, atau Negeri Van Oranje keinginan kuliah di luar negeri semakin menggebu. Berbagai alasan muncul dari para pelajar yang bercita-cita kuliah di luar negeri seperti mengasah kemandirian dan kemampuan bertahan hidup (survive), meningkatkan kemampuan bahasa asing.

Untuk memahami budaya negara lain, peluang untuk traveling semakin luas, dan tentu saja untuk meningkatkan gengsi, kuliah di International University menjadi kebanggan karena akan belajar bersama dosen terbaik dibidangnya sehingga akan menjadi nilai jual tersendiri ketika melamar kerja di Indonesia.

International UniversityLumrah-lumrah saja memiliki alasan-alasan tersebut karena pada dasarnya setiap orang selalu mendambakan sesuatu yang baru atau berbeda.

Namun sebelum jauh melangkah ada baiknya mempertimbangkan secara matang terlebih dahulu, ada beberapa pertimbangan sebelum Anda memilih kuliah di luar negeri karena tidak semua perguruan tinggi di luar negeri memiliki kulitas yang baik dengan kata lain “jangan hanya ingin title kuliah di luar negeri”.

Karena walaupun kuliah di luar negeri jika kualitasnya menengah maka ketika kembali ke Indonesia Anda akan bersaing dengan pelamar lulusan universitas terbaik di Indonesia, sedangkan apabila ingin melamar kerja di luar negeri sepertinya akan lebih susah lagi karena akan terjadi persaingan yang lebih ketat.

Oleh karena pertimbangan tersebut akan lebih baik jika Anda memilih kuliah di dalam negeri namun memiliki standar International University. Di Indonesia ada tiga universitas yang menerapkan sistem kelas internasioanl, salah satunya adalah Universitas Indonesia yang merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia.

UI memiliki dua program kelas internasional yaitu single degree dan join degree. Single degree yaitu gelar yang hanya diperoleh di UI sedangkan join degree memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan gelar dari dua universitas berbeda, hal itu terjadi karena UI melakukan kerjasama dengan universitas mitra yang tersebar di Autralia, Belanda dan universitas mitra di Inggris, Selandia Baru, Amerika sebagai usaha perluasan jaringan kerjasama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here