Menjadi orang tua, teman, sahabat dan pendamping anak adalah tugas orang tua yang sejati. Orang tua sudah seharusnya melaksanakan amanah atas kehadiran anaknya dengan tulus dan ikhlas yang ditandai dengan perannya yang bukan hanya orang tua melainkan sebagai teman, sahabat, mitra, dan pendamping sekaligus pelindung ketika anak tumbuh kembang menjadi besar.

Hal ini menjadi bagian penting dalam parenting atau pola asuh yang ditanamkan dari sejak dini. Apabila parenting ini telah berhasil maka kelak sang anak pun bisa menjadi kebanggaan setiap orang tuanya dengan berbagai penghargaan yang didapatinya.

cara mengajari anak bicaraSalah satu bentuk aktualisasi pola asuh anak adalah mengajari anak berbicara dari sejak dini. Berbicara memang membutuhkan proses. Proses satu  kata, dua kata, ketidaksempurnaan pengucapan hingga bisa merangkai kalimat. Proses ini harus menjadi fase yang tidak dilewatkan begitu saja oleh para orang tua. Mendampingi proses berbicara anak adalah cara mengajari anak bicara.

Secara alamiah pada proses ini, sang anak akan menerima informasi apa saja dari ujaran-ujaran yang diserapnya. Bimbingan dan latihan secara perlahan dari orang tua adalah mutlak harus dilakukan agar kelak sang anak bisa berbicara dengan baik. Disamping itu, memberikan susu formula pun menjadi faktor penunjang keberhasilan anak dalam proses berbahasa. Hal ini perlu dicatat dan menjadi perhatian bahwa tidak benar jika orang tua membiarkan begitu saja proses pemerolehan bahasa anak.

Dancow adalah susu formula yang sangat cocok dan baik dalam mengiringi proses pertumbuhan dan perkembangan bahasa anak pada khususnya. Disamping menjadi mitra yang baik dalam proses berbicara anak, penting juga secara bersamaan untuk sedikit demi sedikit memberikan penanaman nilai-nilai dan norma-norma yang baik melalui bahasa-bahasa yang halus.

Ketika orang tua menjaga pembicaraannya dengan hati-hati karena ketakutan ada kata-kata yang tidak pantas keluar, maka secara tidak langsung orang tua tersebut sudah berperan dalam penanaman nilai yang baik bagi sang anak karena sudah memberikan contoh yang baik dalam berbicara dan itulah cara mengajari anak bicara.

Oleh karena itu, bagi para calon orang tua sudah waktunya mempelajari konsep-konsep parenting yang seharusnya guna memastikan bayi dan anak kita bisa tumbuh secara maksimal sesuai dengan apa yang kita harapkan. Maka dari itu, bisa disimpulkan bahwa orang tua yang memenuhi kriteria baik adalah ia yang mengerti cara mengajari anak bicara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here