Lingkungan sehat merupakan salah satu idaman setiap kalangan masyarakat. Baik itu lingkungan keluarga, yakni sebuah lingkugan paling utama dan pertama, yang memiliki fungsi serta peranan cukup penting dalam kehidupan setiap orang. Maupun lingkungan dengan lingkup yang cukup besar, diantaranya lingkungan sekolah serta lingkungan masyarakat. Yang mana kesemuanya, memiliki aturan tertentu yang harus dipatuhi dan dilaksanakan demi kebaikan bersama. Berbicara mengenai lingkungan, lingkungan merupakan faktor pengaruh kedua setalah diri sendiri, yang akan ikut berperan dalam menunjang perkembangan anak, yang lebih dikenal dengan istilah lain berupa faktor eksternal. Namun, dari ketiga jenis lingkungan yang telah kami singgung di atas, lingkungan keluarga merupakan lingkungan kecil namun memberikan pengaruh yang cukup besar, dibanding dengan kedua jenis lingkungan lainnya.

Oleh karenanya dalam hal ini peran keluarga sangatlah menentukan bagaimana perkembangan anak selanjutnya. Baik dan buruknya perilaku anak, akan sangat tergantung dari bagaimana lingkungan keluarga yang mendidiknya. Oleh karenanya, bagi anda yang kini tengah berperan sebagai orang tua, maka alangkah lebih baiknya apabila anda mampu menciptakan lingkungan sehat bagi si kecil. Sehingga dirinya dapat tumbuh dan berkembag dengan optimal. Sehingga dengan lingkungan yang sehat, maka suasna lingkungan keluarga dan sekitarnya menjadi lebih nyaman, aman, dan menenangkan. Selain dari membuat lingkungan tempat anda tinggal sehat, pun keadaan keluarga anda harus sama sehatnya. Masing-masing anggota keluarga, memiliki dan menjalankan perannya sendiri dengan baik.

Dengan terciptanya lingkungan sehat, ada beberapa pengaruh terhadap perkembangan anak yang penting untuk anda ketahui. Diantaranya pengaruh positif dan pengaruh negatif. Adapun pengaruh positif, tentunya si kecil dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan tugas perkembangannya. Semuanya terbentuk dari adanya saling keterkaitan antara faktor internal dan eksternal. Dan untuk meminimalkan pengaruh negatif yang dibawa oleh lingkungan, maka peran orang tua serta elemen masyarakat yang cukup berpengaruh harus cukup ekstra diberikan. Sehingga kemudian lambat laun, pribadi anak akan terbentuk sesuai dengan apa yang diharapkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here