Mobil merupakan sebuah barang yang tidak mjrah, sehingga ketika memutuskan untuk membelinya membutuhkan pertimbangan yang sangat matang terlebih jika anda hendak beli mobil bekas. Ketika hendak membeli sebuah mobil, tentu ada beberapa hal yang harus dicermati. Terlebih jika anda mebeli mobil yang tidak baru alias bekas. Teliti ketika beli mobil bekas merupakan langkah yang tepat agar terhindar dar hal-hal yang tidak diinginkan. Kita tahu bahwa bolis bekas merupakan mobil bekas pakai orang lain yang belum tentu dalam perawatannya cukup baik.

Mobil baru bisa kita temukan di showroom, tapi mobil bekas bisa sja dijual perorangan bahkan bisa dijual oleh agen. Permasalahannya, sekarang ini banyak agen yang berlaku tidak jujur. Seperti memberikan harga yang mahal tapi kualitas kendaraan yang ditawarkan tidak diperhatikan. Apalagi bagi para penjual yang berpengalaman, tentu banyak cara untuk memasarkan kendaraannya. Untuk itu para pembeli harus cermat ketika beli mobil bekas dengan memperhatikan beberapa ciri mobil yang masih layak digunakan meski kendaraan itu bekas. Ada pun cirri-ciri yang bisa anda jadikan acuan seperti;

  1. Latar belakang kendaraan, kita bisa cari tahu apakah kendaraan tersebut masih memiliki kondisi yang baik. Caranya yaitu dengan mengetahui latar belakang yang menggunakan sebelumnya, apakah kendaraan tersebut pernah tabrakan, terendam banjir, dan lain sebagainya. dan pastikan juga interior dan eksteriornya diperhatikan dengan baik.
  2. Mobil yang masih mulus. Sebaiknya pilihlah mobil bekas tapi masih terlihat mulus. Maksudnya yang tidak pernah mengalami tabrakan, karena jika sudah mengalami tabrakan maka kendaraan tersebut mungkin saja banyak mengalami masalah. ciri yang paling menonjol dari mobil yang bekas tabrakan ini yaitu bisa dilihat dari body-nya. Pastikan apakan body mobil tidak terdapat dempul, karena jika terdapat dempul maka sudah dipastikan kendaraan tersebut pernah mengalami tabrakan.
  3. Minta bantuan orang yang ahli. Meski body mobil terlihat baik dan tidak ada cacat sama sekali, tapi belum tentu mesinnya menunjukan hal yang serupa. Jadi dalam hal ini anda jangan hanya melihat dari body-nya saja tapi pastikan juga mesinnya apakah masih baik atau tidak. Jika kurang pengetahuan masalah mesin, maka bisa meminta bantuan teman yang ahli dengan mesin mobil untuk memilihkan mesin yang masih baik.
  4. Lakukan test drive. Meski anda beli mobil bekas, tapi jika suara mesinnya masih halus, maka mobil tersebut masih memiliki kondisi yang cukup baik. Maka sangat penting anda melakukan test drive agar nantinya tidak salah pilih.

Ketika hendak beli mobil bekas memang harus diperhitungkan ketika memilihnya. Meskipun tidak baru, tapi jika kita cermat dalam memilih, maka setidaknya mobil tersebut masih layak untuk digunakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here