Kredit usaha kecil tanpa agunan memang yang diharapkan oleh banyak masyarakat karena tidak akan memberatkan calon nasabah tanpa harus memberikan jaminan kepada pihak bank, banyak tenaga marketing suatu bank menawarkan pinjaman kredit tanpa agunan, produk ini banyak digulirkan oleh berbagai bank baik itu milik pemerintah atau swasta karena produk ini penting untuk menambah penghasilan pendapatan bank. Kredit tanpa agunan merupakan jalan pintas untuk mendapatkan dana segar yang diperlukan mereka yang akan menjalankan dan mengembangkan usaha kecilnya agar setiap usaha terus berjalan dan dapat berkembang dengan baik.

 

Beberapa langkah berikut ini mungkin penting untuk anda jika ingin mengajukan kredit usaha kecil tanpa agunan yang akan anda ajukan kepada salah satu bank pilihan anda :

  1. Memilih bank terlebih dahulu

Terlebih dahulu tentukan bank mana and akan mengajukan kredit, setiap bank mempunyai kebijakan yang berbeda-beda dan berlainan syarat-syarat dalam mengajukan kredit ini serta batas kreditnya sehingga anda harus menentukan bank dengan persyaratan yang mampu anda penuhi, batas kredit yang diberikan pun harus anda pertimbangkan apa sudah sesuai atau tidak dengan anda.

  1. Memiliki credit card akan lebih dipertimbangkan

Pihak bank biasanya akan menyetujui pinjaman tanpa agunan ini karena anda mempunyai kartu kredit, bank akan dengan mudah mengetahui sejarah kredit anda tersebut sampai hari ini, akan lebih baik pula jika angsuran kartu kredit anda selalu lancar dan umur kartu kredit anda sebaiknya satu tahun lebih.

  1. Siapkan syarat-syaratnya

Sediakan berkas-berkas yang diperlukan seperti fotocopy KTP, fotocopy kartu kredit, fotocopy NPWP, slip gaji bagi pegawai dan fotocopy SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) jika anda mempunyai sebuah usaha, anda juga sebaiknya mempunyai nomor telepon rumah karena pihak bank akan sering menelepon anda ke nomor telepon rumah tersebut.

  1. Silahkan anda pergi ke bank atau lewat online

Bawalah semua berkas yang sudah anda siapkan tadi kemudian anda pergi ke bank tujuan anda untuk mengajukan pinjaman kredit tersebut, lengkapi formulir pengajuan dan berikan berkas-berkas tersebut kepada petugas bank, ketika anda mengisi formulir pengajuan tulislah menurut keadaan anda yang sebenarnya. Pilihan lain anda juga boleh mengajukan kredit tanpa agunan ini via online karena sekarang ini banyak pihak bank yang memberikan layanan pengajuan kredit lewat online.

  1. Lakukan konfirmasi

Jika anda mengajukan kredit ini via online maka setelah anda mengisi formulir pengajuan anda harus mengkonfirmasikan ke pihak bank, agar pihak bank dengan segera memproses pengajuan kredit yang anda minta.

  1. Tahap verifikasi dan survey

Pihak bank akan segera memberikan kabar kepada anda ketika akan melakukan verifikasi. Wawancara bisa bertemu langsung atau melalui telepon. Tahap verifikasi ini bertujuan meneliti kembali syarat-syarat yang anda ajukan, pihak bank selanjutnya akan mensurvey rumah atau tempat kerja anda, karena itu nomor telepon yang anda isikan di formulir pengajuan harus dalam keadaan aktif.

  1. Menunggu persetujuan pihak bank

Pihak bank akan segera memberitahukan kepada anda apakah pinjaman tanpa agunan ini diterima atau tidak, jika diterima maka anda segera mencairkan dana tersebut namun ada kalanya pihak bank akan mentransfer ke rekening baru yang anda buat di bank yang bersangkutan.

 

Itulah beberapa langkah yang harus anda perhatikan sebelum anda mengajukan kredit kepada bank, dan jika anda masih merasa kesulitan dengan bantuan modal usaha, anda sebaiknya kunjungi website uangteman.com untuk solusi keuangan anda dalam menjalankan usaha, semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here