s26 indonesia
kesehatan

Tahap Perkembangan Otak Balita

Pertumbuhan dan perkembangan anak berjalan dengan cepat di awal kehidupannya, termasuk dengan perkembangan otak. Meskipun belum sempurna, namun Si Kecil yang masih balita memiliki keterampilan belajar dan perkembangan otak yang sudah bisa digunakan. Anda bisa mengajari bagaimana bereksplorasi sehingga kemampuan berpikirnya berkembang dengan baik. Untuk memaksimalkan perkembangan otak balita, berikut ini tahapan yang perlu Anda ketahui:

Perkembangan Otak Balita Usia 2-2,5 Tahun

Pada usia 2-2,5 tahun perkembangan otak Si Kecil berjalan dengan pesat. Memasuki usia 2 tahun biasanya Si Kecil mulai bisa memilih benda yang disukai untuk dijadikan mainan. Untuk mengoptimalkan kemampuan kognitif Si Kecil, sebaiknya pilih aktivitas atau mainan yang tepat. Sebagai contoh yaitu lego, puzzle yang mudah, dan lain sebagainya. Selain memilih mainan, anak usia 2 tahun juga sudah bisa membereskan mainan berdasarkan bentuk dan jenis.

Perkembangan Otak Balita 2,5-3 Tahun

Tahap selanjutnya yaitu saat Si Kecil berusia 2,5-3 tahun. Anak usia 3 tahun biasanya sudah bisa membandingkan tinggi beberapa benda sekaligus. Mereka bahkan sudah bisa menghafalkan nama benda, angka, serta abjad. Tidak hanya dari segi memori saja, kemampuan bernalar Si Kecil juga mulai berkembang. Sebagai contoh Si Kecil sudah paham bahwa berlari akan berisiko untuk jatuh.

s26 indonesia

Perkembangan Otak Balita 3-3,5 Tahun

Memasuki usia 3-3,5 tahun, balita mengembangkan kemampuannya pada koordinasi angka. Fase ini adalah fase yang tepat untuk mengajarkan Si Kecil menghitung menggunakan buku gambar, jari, atau mainan. Selain kemampuan koordinasi angka, anak usia 3-3,5 tahun biasanya juga sudah bisa menyanggah larangan dari Mam. Pada masa ini, Mam perlu menjelaskan dengan detail mengapa peraturan tersebut perlu dipatuhi.

Perkembangan Otak Balita 3,5-4 Tahun

Tahapan terakhir yaitu ketika Si Kecil memasuki usia 3,5 tahun hingga 4 tahun. Pada masa ini perkembangan otak anak sudah sangat baik, terutama untuk persiapan memasuki usia sekolah. Biasanya Si Kecil sudah bisa mengaplikasikan hitungan dasar yang telah Mam ajarkan sebelumnya. Berikan mainan yang tepat sebagai stimulasi dan biarkan Si Kecil bersosialisasi untuk mengoptimalkan kemampuan kognitifnya.

Itulah tahap perkembangan otak balita yang perlu Anda pahami. Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun. 

Wyeth Nutrition S26 Indonesia hadir dengan produk varian  susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (susu pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCEL™ αLipids System® membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progresif agar Dari Belajar Jadi Hebat.