pengertian teknologi
teknologi

Pengertian Teknologi Menurut Ahli Beserta Arti Dan Definisinya

Secara gamblang manusia tidak akan mengerti dengan pengertian teknologi. Untuk mencari jawaban biasanya mereka akan berbondong-bondong untuk mencari tahu nya di internet. Dan arti dari kata Teknologi itu sendiri pun berasal dari bahasa Yunani yaitu technologia. Kata techno memiliki arti keahlian, sedangkan kata logis artinya adalah pengetahuan.

Menariknya informasi mengenai pengertian teknologi ini tidak hanya terbatas pada perangkat canggih saja, seperti smartphone, laptop atau aplikasi. Tetapi dapat pula berupa peralatan sederhana seperti alat makan atau pertukangan. Dimana alat-alat tersebut dibuat untuk membantu memudahkan kehidupan manusia masuk kategori teknologi.

Karena tidak dapat dipungkiri pula kalau manusia merasa terbantu dengan adanya teknologi. Bahkan pada era globalisasi, banyak teknologi canggih terbaru dan termutakhir yang sangat membantu kehidupan manusia. Maka tidak heran apabila ke depannya, teknologi akan menjadi semakin maju bahkan semakin canggih.

pengertian teknologi
                                                                           pengertian teknologi

Namun tidak akan lengkap bila arti dan definisi teknologi ini tidak dijabarkan berikut dengan para ahlinya. Karena para ahli pun memiliki penilaian tersendiri mengenai arti dan definisi dari teknologi tersebut. Berikut ini beberapa definisi dan pengertian akan teknologi menurut para ahli, diantaranya:

1. M. Maryono

Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari- hari.

2. Jacques Ellil

Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.

3. Gary J. Anglin

Teknologi adalah penerapan ilmu- ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

4. Read Bain (1937)

Teknologi adalah mencakup semua alat, mesin, peralatan, perlengkapan, senjata, perumahan, pakaian, transportasi dan komunikasi perangkat dan juga keterampilan yang akan memungkinkan kita sebagai manusia bisa memproduksinya.

5. Naisbit (2002)

Teknologi merupakan obyek serta benda-benda, serta bahan dan bentuk juga berbeda dari manusia biasa.

6. Miarso (2007)

Teknologi adalah suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang tidak terpisah dari produk lain yang sudah ada. Hal itu juga menyatakan bahwa teknologi merupakan bagian integral dari yang terkandung dalam sistem tertentu.

7. Ursula Franklin

Teknologi merupakan sebuah cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

8. Capra (2004)

Teknologi adalah salah satu pembahasan sistematis seni terapan atau pertukangan yang mengacu pada literatur Yunani yang menyebutkan tentang technologia.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengertian teknologi ini memiliki definisi dan artinya masing-masing. Namun tetap berpokok pada satu titik yakni terciptanya teknologi mampu memberikan kemudahan bagi manusia untuk melakukan apapun di dunia ini.