tips kesehatan
kesehatan

Tips Kesehatan, Makanan Penurun Tekanan Darah

Di dunia ini, kita menemukan berjuta jenis penyakit mulai dari penyakit yang ringan, sedang dan penyakit berat. Diantara sekian banyak jenis penyakit yang sering menyerang manusia dimana pun dan kapan pun, penyakit tekanan darah tinggi adalah salah satunya. Tekanan darah tinggi atau sering kita sebut dengan hipertensi merupakan kekuatan aliran darah dari jantung yang mendorong dinding pembuluh darah (arteri). Kekuatan tekanan darah ini bisa berubah dari waktu ke waktu, dipengaruhi oleh aktivitas apa yang sedang dilakukan jantung (misalnya sedang berolahraga atau dalam keadaan normal/istirahat) dan daya tahan pembuluh darahnya.

Hipertensi adalah kondisi di mana tekanan darah lebih tinggi dari 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Angka 140 mmHG merujuk pada bacaan sistolik, ketika jantung memompa darah ke seluruh tubuh. Sementara itu, angka 90 mmHG mengacu pada bacaan diastolik, ketika jantung dalam keadaan rileks sembari mengisi ulang bilik-biliknya dengan darah. Pada saat anda mengalami tekanan darah tinggi menurut diagnose dokter, banyak tips kesehatan tentang bagaimana cara yang bisa anda lakukan baik secara medis ataupun non medis untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Khusus untuk pengobatan non medis, salah satu tips kesehatan uintuk menurunkan tekanan darah tinggi tersebut adalah dengan mengkonsumsi beberapa jenis makanan penurun tekanan darah yaitu sebagai berikut :

  1. Susu. Sejumlah penelitian menunjukkan mengkonsumsi produk susu rendah lemak bisa menurunkan tekanan darah. Kalsium pada susu yang berperan untuk menurunkan tekanan darah
  2. Sayuran Hijau. Kalium mampu mengurangi kandungan natrium dari tubuh yang menjadi penyebab naiknya tekanan darah. Sayuran hijau kaya akan kandungan kalium dan juga magnesium.
  3. Minyak Zaetun. Minyak zaitun yang direkomendasikan dalam diet Mediterania juga termasuk ke dalam daftar bahan yang mengurangi tekanan darah. Manfaat tersebut berkat kandungan polifenol dan lemak tak jenuh tunggal di dalamnya

Demikian beberapa jenis makanan yang bisa menurunkan tekanan darah. Informasi ini merupakan salah satu tips kesehatan agar tekanan darah anda bisa terkontrol dengan baik sepanjang hidup anda.