masakan nusantara
Resep

Cara Membuat Gulai Ikan Nila Lezat dan Enak

Mengolah ikan nila dengan cara di goreng atau dibakar mungkin bagi sebagian orang sudah mulai bosan. Dari itu anda yang menginginkan menu baru bisa mengolah ikan nila dengan resep masakan nusantara yang lezat seperti membuat gulai ikan nila. Jika biasanya membuat gulai dengan bahan daging sapi maka membuat dengan ikan nila pastinya bisa membuat rasa yang berbeda namun tetap lezat.

Anda yang penasaran dengan menu gulai ikan nila juga bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Untuk mengetahui bagaimana cara membuatnya kunjungi saja langsung sahabat nestle yang menyediakan berbagai resep masakan secara lengkap seperti masakan nusantara dengan olahan ikan nila. Lalu untuk lebih rincinya bagaimana cara membuatnya berikut ini resepnya.

masakan nusantara

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. Ikan nila segar 3 ekor
  2. Kacang panjang secukupnya dipotong-potong
  3. Cabe keriting merah 8 buah
  4. Cabe rawit merah 15 buah
  5. Bawang putih 4 siung
  6. Bawang merah 5 siung
  7. Ketumbar ½ sdt
  8. Kunyit 1 ruas
  9. Kemiri 3 buah
  10. Daun salam 4 lembar
  11. Daun kunyit 1 lembar
  12. Daun salam 4 lembar
  13. Jeruk nipis 1 buah
  14. Tomat 1 buah
  15. Santan kecil 2 bungkus
  16. Penyedap rasa secukupnya
  17. Garam secukupnya

Cara membuatnya pertama-tama bersihkan terlebih dahulu ikan nila dan beri perasan jeruk nipis serta garam, biarkan kurang lebih 15 menit baru cuci bersih dengan air mengalir. Kemudian haluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabe dan yang lainnya. Setelah halus masukan ke wajan untuk ditumis. Tambahkan dengan daun-daun baru kemudian masukan kacang panjang yang telah dipotong-potong.

Setelah kacang panjang terlihat layu masukan ikan, lalu beri santan dan aduk terus. Berikan bumbu lain seperti penyedap rasa, garam dan irisan tomat, biarkan sampai matang. Setelah matang angkat ikan nila dari wadah dan sajikan di piring saji. Gulai ikan nila telah siap untuk dinikmati bersama keluarga, untuk lebih enak sajikan dengan nasi hangat.