Fashion Wanita
Fashion

Tips Memilih Motif Batik sebagai Fashion Wanita

Hampir di setiap instansi baik instansi pemerintah ataupun swasta, seragam batik dijadwalkan dikenakan minimal satu hari dalam seminggu. Misalnya saja untuk Daerah Jawa Barat, hari Rabu adalah hari yang dianjurkan untuk mengenakan pakaian batik. Dari mulai anak TK hingga aparat pemerintah juga para karyawan swasta serempak menggunakan seragam bermotif batik.

Mungkin hal itu diberlakukan agar kita sebagai orang Indonesia lebih terlihat identitasnya. Selain itu juga, sangat berguna untuk mempromosikan batik sebagai salah satu warisan budaya bangsa yang sudah diakui dunia sebagai hasil budaya Indonesia. Supaya motif batik yang dipilih benar-benar pas sebagai seragam kerja, sesuaikan dengan bidang profesinya. Terlebih untuk bidang profesi yang identik dengan seorang wanita. Seragam batik yang dipilih tentulah harus cocok dengan fashion wanita.

Berikut adalah cara memilih motif batik sebagai fashion wanita  yang disesuaikan dengan bidang profesi.

  • Bidang profesi yang lebih resmi atau lebih serius

Bidang pekerjaan wanita yang lebih serius biasanya ditempati oleh para wanita yang lebih banyak bekerja dengan kecerdasan akademiknya. Misalnya saja profesi sebagai sekretaris profesional  pada perusahaan. Adapun motif batik yang sesuai dengan profesi ini adalah motif batik yang bermotif lebih sederhana. Seperti batik yang konservatif. Seperti warnanya lebih kalem dan siluet pakaiannya juga harus sederhana,

  • Bidang profesi yang lebih santai atau lebih kreatif

Bidang pekerjaan wanita yang lebih santai atau kreatif adalah profesi yang bergerak pada bidang industry kreatif juga. Misalnya saja profesi ahli kecantikan di rumah kecantikan, profesi desainer di rumah mode, ataupun profesi pramugari pada sebuah perusahaan maskapai penerbangan. Untuk profesi-profesi yang lebih santai ini, dianjurkan untuk lebih bebas bereskpresi. Seperti  memilih warna yang lebih terang bahkan mencolok, pilihlah motif batik bold.  Cutting pakaiannya pun harus  lebih kreatif berani.

Demikianlah cara memilih motif batik yang akan digunakan seragam kerja yang disesuaikan dengan bidang profesianya. Selain dapat memperlihatkan identitas bidang pekerjaan, juga sangat cocok dengan fashion wanita yang harus terlihat lebih feminim dan cantik.