Bisnis

Cara Membuat Pot Bunga Buatan Sendiri Dari Bahan Semen

Sekarang tren penghijauan di area rumah menjadi salah salah satu idaman, bukan hanya memperindah ruang juga menjadikan ruangan terlihat segar dan sebagai penghasil oksigen karena banyaknya tanaman hias. Adapun dengan memanfaatkan lahan yang kosong baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Cara yang mudah adalah dengan menanam tanaman hias dengan menggunakan pot.  Anda juga bisa memanfaatkan bahan bekas sebagai bahan dasar membuat pot bunga seperti dari bahan plastik maupun bahan semen.

Membuat pot bunga dari bahan semen sangat mudah. Sebagai bahan dasar kita perlu bahan lainnya yaitu bekas botol minuman ataupun kaleng bekas.

pot bunga buatan sendiri
pot bunga buatan sendiri

Berikut ini cara membuat pot bunga buatan sendiri dengan memanfaatkan barang bekas.

Bahan :

  1. Botol bekas minuman usahakan ukuran yang cukup besar, seperti botol minuman yang berukuran 1 liter.
  2. Semen tiga roda
  3. Minyak kelapa
  4. Cat air
  5. Kuas kecil

Cara pembuatan :

  1. Potong bagian botol bekas sehingga menjadi dua bagian.
  2. Ambil semen dan cairkan dengan air perbandingan kira-kira jangan sampai terlalu encer.
  3. Lumuri bagian luar botol dengan minyak
  4. Ambil semen yang sudah diaduk dengan air. Lumuri bagian botol luar dan biarkan sampai kering. Boleh di jemur di luar di wah terik matahari. Dan jangan lupa di bagian bawah semen di beri lubang untuk aliran air dan juga sirkulasi di mana nanti jika menyiram bunga.
  5. Jika sudah kering, ambil bagian pot tersebut dan lepaskan potongan botolnya.
  6. Terakhir berkreasi dengan memberi warna pada pot bunga buatan sendiri
  7. Pot bunga siap untuk digunakan.

Semen tiga roda merupakan salah satu jenis semen yang memiliki kualitas terbaik dan cocok digunakan sebagai campuran bahan untuk membuat pot bunga buatan sendiri. Semen tiga roda dikenal kokoh dan memiliki kekuatan yang  sangat baik dan menjadikan pot bunga yang dibuat menjadi awet dan tahan lama. Pot bunga yang telah dibuat bisa menjadikan rumah menjadi lebih indah dan terlihat lebih asri.