Batu permata merupakan salah satu perhiasan yang banyak digandrungi oleh para perempuan. Bukan tanpa sebab, karena batu pertama memang sangat elok dan sangat terkait dengan kekayaan. Salah satu batu permata ini adalah berlian. Tak ayal, saat ini mulai banyak orang memburu perhiasan berlian asli untuk mempercantik penampilan mereka.

Memang tren berlian saat ini tengah merangkak dengan cukup apik. Tentunya, akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mengetahui informasi seputar batu permata tersebut. Satu hal yang paling sering diperbincangkan terkait berlian adalah persamaannya dengan intan.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Perbedaan Berlian dan Intan

Tidak sedikit orang yang beranggapan jika intan merupakan sejenis dari berlian. Namun apakah benar demikian? Ternyata itu tidak sepenuhnya salah, karena menurut keterangan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), intan merupakan batu permata yang berkilauan yang berasal dari karbon murni dalam bentuk kristal. 

Intan merupakan zat paling keras yang dapat digunakan untuk permata cincin, gelang, giwang, bros, kalung, dan sebagainya. Berbeda sekali dengan definisi berlian menurut KBBI, yaitu intan yang diasah baik-baik hingga indah kemilau cahayanya. Kedua definisi ini sudah sangat membedakan antara intan dan berlian.

Dengan demikian, intan dapat dikatakan sebagai bahan dasar untuk membuat sebuah berlian. Lantas bagaimana cara membuat sebuah berlian? Ternyata ada rangkaian proses yang harus dilakukan. Proses ini mempertimbangkan cut, color, carat dan clarity atau dikenal juga dengan 4C untuk menghasilkan berlian yang cantik nan berkilau.

Berlian asli dari proses 4C memiliki kemampuan dapat menggores benda apapun. Hal ini dikarenakan perhiasan berlian asli dapat dicirikan memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Guna membuktikan apakah berlian asli atau tidak, Anda cukup menggoreskannya ke dinding, kaca, maupun benda yang keras.

Jika benda yang digores berlian tidak mengalami goresan, sedangkan benda yang digores berlian mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan jika berlian tersebut merupakan berlian yang asli dari proses 4C. Sekarang Anda tahu mengenai perbedaan berlian dan intan beserta cara menguji berlian asli atau tidak.

Selanjutnya Anda harus tahu terkait toko maupun brand berlian yang terkenal dan sudah dipercaya yakni brand ambassadornya Dian Sastro. Brand tersebut adalah Mondial Jeweler. Jadi jika Anda ingin membeli perhiasan berlian asli, maka sangat direkomendasikan untuk membelinya di tempat tersebut.