Teknologi transportasi mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Teknologi transportasi zaman dulu dibagi menjadi transportasi darat dan transportasi air. Ketika zaman modern, bertambah pula transportasinya dengan adanya transportasi udara. Tak dipungkiri ada macam-macam teknologi untuk transportasi yang banyak digunakan sedari dulu transportasi menggunakan tenaga manusia, yaitu digendong, dipikul maupun di dorong.

Lalu berubah menggunakan tenaga hewan semisal kuda, kedelai, gajah dan unta untuk mempermudah perjalanan. Transportasi darat berupa gerobag, sepeda, becak dan dokar menjadi transportasi yang banyak digunakan di darat. Jika di laut maka perahu layar, rakit dan perahu dayung  menjadi hal yang diandalkan untuk menyeberangi sungai atau laut. 

Semakin berkembangnya zaman, transportasi dibuat semakin cepat untuk mengimbangi kebutuhan manusia yang serba cepat. Berbagai sarana untuk menopang kemudahan manusia dalam melakukan perjalanan dibangun lebih canggih dan modern. Transportasi yang meliputi darat, air, dan udara memberikan banyak pilihan manusia ketika akan melakukan perjalanan.

Saat ini transportasi menjadi teknologi yang selalu berkembang lebih baik lagi. Transportasi darat banyak sekali  meliputi kereta api, bus, mobil, truk, sepeda motor dan lain-lain. Semuanya menggunakan mesin yang mempercepat proses sampai ke tujuan. Transportasi darat menjadi hal yang paling banyak digunakan karena lebih murah dan hemat. 

transportasi air modern meliputi kapal penumpang dan kapal pengangkut barang. Kapal penumpang jenisnya yaitu kapal pesiar, speed boat, kapal feri dan kapal nelayan. Kapal pengangkut barang meliputi kapal peti kemas dan kapal tanker serta kapal perang. Kapal-kapal tersebut digunakan untuk menyeberangi laut luas. Namun untuk menyeberang sungai atau danau hanya dibutuhkan perahu mesin kecil.

Tranportasi udara merupakan transportasi paling mahal dan muncul untuk mempercepat perjalanan antar kota, negara bahkan benua. Tranportasi udara identik dengan pesawat. Pesawat dibagi menjadi pesawat militer dan pesawat terbang sipil. Pesawat terbang masih dibagi lagi menjadi pesawat terbang roket, pesawat mesin jet, pesawat turbo baling-baling, pesawat capung dan lain-lain. Tranportasi udara menjadi transportasi paling cepat sampai ke tujuan namun juga paling banyak mengandung resiko. 

Dari berbagai macam-macam teknologi transportasi tersebut tentunya dari zaman ke zaman mengalami perubahan dan semakin memberikan kemudahan bagi para manusia.