Teknologi informasi dan komunikasi adalah wadah terminologi yang mencakup keseluruhan peralatan teknik dimana manfaatnya adalah memproses dan menyampaikan segala informasi yang diperlukan. Adapun TIK ini mencakup dua aspek yaitu teknologi berbasis informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi yang berbasis informasi ini meliputi segala hal yang sangat erat kaitannya dengan proses, penggunaan, manipulasi dan pengelolaan informasi.

Sementara yang dimaksud dengan teknologi komunikasi adalah satu hal yang erat kaitannya dengan penggunaan alat bantu yang memberi manfaat untuk memproses dan mentransfer data. Adapun proses dan penyaluran data ini dilakukan dari perangkat satu ke perangkat lainnya. Nah, dari penjelasan diatas maka sangat sulit memisahkan keduanya karena merupakan perpaduan yang erat dan saling mendukung satu dengan yang lainnya.

Adapun istilah TIK ini hadir setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer entah itu perangkat keras maupun perangkat lunak. Dimana teknologi ini dipadukan dengan teknologi komunikasi di pertengahan abad ke-20. Nah, perpaduan keduanya ini menunjukkan hal hal yang positif dan sangat berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. bahkan, di awal abad ke-21 malah TIK tidak menunjukkan titik jenuhnya bahkan terus mengalami perubahaan.

Pernah mendengar, membeli atau mendownload buku elektronik? Ya, e-book adalah salah satu teknologi informasi yang memanfaatkan kemampuan komputer untuk memberikan informasi multimedia dalam bentuk berbeda, dinamis dan ringkas. Bahkan, di dalam e-book cukup banyak yang dapat diintegrasikan mulai dari tayangan suara, gambar, grafik, animasi, sehingga movie. Tujuannya jelas agar informasi yang berikan akan jauh lebih kaya dibandingkan dengan buku pada umumnya.

Nah, format multimedia inilah yang memungkinkan e-book menyediakan tidak hanya informasi secara tertulis saja akan tetapi gambar, suara, serta unsur multimedia lainnya pun bisa disajikan dengan mudah. Atau, secara detailnya penjelasan tentang satu jenis musik dapat dilengkapi dengan beberapa suara jenis musik sehingga mereka yang mengunduh dapat dengan mudah memahami apa yang ingin disampaikan oleh pembuat ebook. Bahkan, dipercaya teknologi informasi ini akan terus mengalami peningkatan yang disertai dengan kemudahan demi kemudahan.