Kemajuan teknologi indonesia di bidang militer sangat disenangi oleh dunia internasional. Hal ini dibuktikan oleh beberapa pasukan Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang turut bergabung dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mengatasi konflik yang terjadi di dunia.

Selain didorong oleh kekuatan tentara indonesia, kekuatan militer indonesia juga didukung oleh adanya senjata militer yang sangat canggih dan memadai. Pasalnya indonesia mampu mengembangkan teknologi dalam bidang militer dengan menciptakan beberapa senjata militer yang sangat canggih.

Berikut adalah beberapa senjata militer indonesia yang menjadi saksi majunya teknologi indonesia di bidang militer:

  1. Smart Eagle II

Smart Eagle II adalah pesawat intai tanpa awak yang dirancang oleh PT Aviator Teknologi Indonesia. Pesawat ini digunakan dalam kepentingan intelijen Indonesia dan dinobatkan sebagai prototipe pertama UAV (Unman Aerical Vehicle). Pesawat Smart Eagle II dirancang dengan Therman Imaging System (TIS) dan mesin tidak berdiameter 150 cc. Pesawat ini juga dilengkapi dengan TV Camera. Smart Eagle II ini bisa terbang selama 6 jam dan mampu beroperasi di malam hari.

teknologi indonesia
                                                 teknologi indonesia

2. Robot tempur

Robot tempur dibuat oleh Lemjiantek (Lembaga Pengkajian Teknologi) TNI Angkatan Darat di Malang, Jawa Timur pada tahun 2009. Robot tempur ini dikendalikan hanya dengan dua baterai 12 volt dan 6 volt serta dapat dikendalikan pada jarak 1 km. Robot ini mempunyai ukuran 1,5 x 0,5 m, berat 100 kg, mempunyai kecepatan maksimal 60 km/jam, serta bisa mengangkut beban sampai 150 kg.

3. KRI Krait-827

KRI Krait-827 merupakan kapal perang yang mempunyai kapasitas muatan 190 dwt dan mempunyai jarak jelajah 2.500 mil. Sistem radar dari kapal perang ini mencapai 160 km dan kecepatan dari GMDSS Area  3 mencapai 25 knots.

4. Roket RX-420

Roket RX-420 merupakan satu senjata penangkal di darat yang disiapkan oleh Departemen Pertahanan. Roket ini mempunyai jarak tempuh 100 km. Roket RX-420 dibuat dengan dana sekitar 2,5 miliar pada tahun 2005.

Demikian adalah daftar senjata militer yang menjadi teknologi indonesia tercanggih yang menjadi suatu kebanggaan negara Indonesia.