Perkembangan itu nampaknya sangat berpengaruh terhadap dunia fashion. Dengan layanan internet yang semakin mudah membuat kita gampang untuk melihat trend fashion saat ini. Bukan hanya ibu-ibu saja yang memenuhi pangsa pasar fashion ini, para remaja pun ikut meramaikan perkembangan fashion.

Masa remaja merupakan masa coba-coba. Mereka selalu ingin mencoba hal-hal baru untuk memenuhi kepenasaranan. Ingin menjadi pusat perhatian salah satu ciri lain dari remaja.

tren fashion

Trend fashion merupakan salah satu media untuk mengekspresikan kepenasaranan dan keinginan menjadi pusat perhatian para remaja. Namun ternyata dari perkembangan fashion ini memiliki dampak negatif, yaitu:

  • Mengubah jati diri seseorang. Remaja yang selalu ingin disebut trendy selalu mengikuti berbagai gaya. Mereka tidak mengindahkan apakah fashion tersebut cocok untuk mereka atau tidak. Demi mengejar popularitas dan eksistensi di masyarakat fasnion apa pun mereka ikuti. Dengan demikian mereka kehilangan jati dirinya.
  • Menanamkan sifat pemborosan. Untuk memenuhi trend fashion pastinya para remaja harus mengganti penampilan mereka yang dinilai stylis. Untuk mengubah penampilan tersebut banyak perlengkapan yang dibutuhkan yang sedang trend saat itu seperti baju, tas, celana, jacket, blazer, dan sebagainya yang ber-merk dan sangat mahal. Hal ini membutuhkan dana yang cukup besar.
  • Tekanan. Dalam mengikuti trend fashion maupun style secara tidak langsung akan memberikan dampak yang sangat besar bagi para remaja. Jika mereka tidak mengikuti perkembangan fashion masa kini, mereka akan dicap “Jadul, kudet, dan lainnya”. Akibatnya bullying pun terjadi. Remaja yang tidak mengikuti fashion akan merasa rendah diri dan depresi.

Berdasarkan dampak negatif tersebut, para remaja  memerlukan bimbingan dari para orang tua. Karena bila hal tersebut dibiarkan akan merembet pada rusaknya akhlak remaja. Untuk memenuhi trend fashion para remaja akan menghalalkan segala cara.

Jika diberi uang jajan pas mereka akan menipu, mencuri, bahkan yang paling berbahaya menjual diri demi menjaga title remaja yang trendi dan stylis.

Oleh karena itu untuk para orang tua harus cermat dalam mendidik anak terutama para remaja. Kenalilah gejala-gejala yang timbul pada tingkah laku anak karena pengaruh fashion ini hampir sama berbahaya dengan pecandu narkoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here