kecantikan

Perawatan Kecantikan Tradisional yang Masih Digunakan

Wanita mana yang tidak mau terlihat cantik dan segar? Bukan hanya wajah, tetapi seluruh tubuhnya? Bisa dikatakan hampir semua wanita tidak akan ada yang mengangkat tangan dengan pertanyaan di atas. Oleh karena itu perawatan kecantikan tradisional masih dijadikan rujukan banyak orang. 

Perawatan kecantikan tradisional dipilih karena selain hemat, bahannya mudah ditemukan, dan sedikit efek samping. Berbeda dengan perawatan dari dokter yang kebanyakan menggunakan obat-obatan kimia.

Perawatan kecantikan secara tradisional ini erat kaitannya dengan peninggalan zaman dahulu dan masih digunakan sampai saat ini. Di bawah ini 5 perawatan tersebut, mungkin Anda salah seorang yang masih mempraktekkannya.

  • Minum Jamu 

Jamu merupakan ramuan tradisional yang masih menjadi andalan wanita. Jika wanita Jawa akan menikah, disarankan untuk meminum jamu sebelum pernikahan. Dengan meminum jamu diharapkan badan lebih segar, wangi, dan nampak cantik alami.

Demikian pula jika wanita baru saja selesai melahirkan dan ingin melakukan perawatan sehari-hari.

Meski zaman semakin modern, penjual jamu tradisional masih punya penggemar tersendiri.

  • Lulur

Lulur modern saat ini banyak dilakukan di salon kecantikan dengan berbagai bahan mulai dari bangkuang, kunyit, dan rempah lain.

Namun, jika Anda mau lulur juga dapat dilakukan sendiri sebelum mandi di rumah.

Aslinya bahan lulur adalah kunyit. Kunyit ini mengandung antioksidan yang mencerahkan kulit.

  • Ratus

Dewasa ini ratus juga banyak dipraktekkan di salon kecantikan wanita.

Aslinya, ratus adalah semacam sauna secara tradisional yang konon sering dilakukan Ken Dedes yang terkenal.

Ratus dilakukan dengan membakar kemenyan dan berbagai rempah wangi dan uapnya untuk menghangatkan organ intim wanita agar lebih sehat.

  • Batimung

Batimung mirip ratus tetapi lebih dikenal di masyarakat Banjar, Kalimantan Selatan. 

Bedanya, rempah serai, akar wangi, daun jeruk purut, temu giring, melati, dan daun pandan direbus di tempat khusus. Setelah mendidih, bahan bersama tempatnya dibungkus kain tebal dan diduduki oleh wanita yang akan menggunakannya.

  • Boreh

Boreh, sesuai namanya adalah membaluri seluruh tubuh dengan rempah seperti cendana, serai, jahe, cengkeh, pala, lengkuas, beras hitam, dan minyak kelapa.

Secara kesehatan, boreh akan memperlancar peredaran darah. Sementara untuk kecantikan, boreh akan mengangkat sel kulit mati sehingga kulit lebih cerah alami.