teknologi

Tahapan Proses Tekhnologi Terbaru 2018 Pada 3D Printing

Untuk menjawab kemajuan zaman, khususnya dalam dunia percetakan, pengembang telah memperkenalkan teknologi dalam dunia ini yaitu 3D printer. Dengan teknologi terbaru 2018 ini, Anda tidak lagi sekedar mampu memprinter objek yang Anda rancang hanya di atas kertas saja. Melainkan sudah mampu untuk mewujudkan secara nyata. Memiliki kepadatan dan juga memiliki volume sendiri.

Sebenarnya, cara kerja yang dimiliki oleh printer 3D ini tidak jauh berbeda dengan printer inkjet yang sudah banyak beredar. Hanya saja, tekhnologi terbaru 2018 di bidang percetakan ini menggunakan plastik molten wax dan beberapa bahan lain, untuk menjadi sebuah objek yang telah dirancang sebelumnya.

Cara kerja dari proses mesin 3D printer ini terdiri atas 3 tahap proses, yaitu:

1. Membuat model objek 3D

Yang menjadi hal utama dalam penggunaan printer ini adalah, Anda harus membuat konsep 3D dari objek yang ingin Anda print secara detail. Anda bisa menggunakan beberapa software khusus yang memang mampu untuk membuat detail dari desain 3D. Beberapa software yang mendukung dan telah banyak digunakan antara lain, Solidwork, Catia, Delcam, dan lain sebagainya.

2. Proses printing

Apabila pembuatan model objek telah dibuat, proses selanjutnya adalah proses printing itu sendiri. Lama dari proses print ini bervariasi, tergantung pada besar dan juga ukuran desain yang Anda buat. Mesin akan membuat lapisan demi lapisan objek sesuai dengan yang sudah Anda rancang secara berurutan, lengkap dan juga utuh.

3. Finishing

Tahap ini adalah bagian Anda untuk melengkapi detail yang mungkin tidak bisa dilakukan oleh mesin, atau terjadi perbedaan ukuran yang Anda kehendaki, penambahan beberapa ornamen yang mungkin diperlukan yang memang tidak dimasukan ke dalam desain yang telah Anda rancang sebelumnya.

Kemajuan tekhnologi terbaru 2018 dalam bidang percetakan ini memang menjadi jawaban atas kesulitan yang pernah ada dalam mewujudan rancangan secara detail dengan cara yang otomatis. Dengan mesin printer 3D ini, segala detail yang diperlukan dalam sebuah rancangan tidak akan terlewatkan lagi dan akan memenuhi setiap harapan yang diinginkan.