kesehatan

Resep Makanan Bayi 6 Bulan yang Praktis

Ketika Si Kecil memasuki usia 6 bulan, itu artinya mereka sudah siap mendapatkan makanan pendamping ASI atau MPASI. Selain berdasarkan usia, kesiapan Si Kecil mendapatkan makanan padat juga ditandai dengan mampu menahan kepala dan leher, bisa duduk sendiri, serta tertarik dengan makanan yang dimakan orang lain. Jika Si Kecil sudah menunjukkan tanda-tanda tersebut maka Anda sudah bisa memberikan makanan padat. Berikut ini ada beberapa resep yang bisa dicoba ketika menyiapkan makanan bayi 6 bulan:

Puree Pisang dan Alpukat

Puree pisang dan alpukat cocok untuk bayi yang baru pertama kali mendapatkan makanan padat. Teksturnya yang lembut juga membuat pisang dan alpukat mudah untuk diolah. Siapkan bahan berupa pisang ambon matang, buah alpukat, dan juga ASI. Haluskan bahan-bahan menggunakan blender atau food processor. Tambahkan ASI secukupnya kemudian campur rata.

Puree Jagung Manis, Telur dan Tahu

Resep makanan bayi 6 bulan selanjutnya yaitu puree jagung manis, telur dan tahu. Jagung termasuk ke dalam makanan berkarbohidrat sehingga bisa menjadi sumber energi bagi Si Kecil. Sementara telur adalah sumber protein hewani dan tahu adalah sumber protein nabati. 

Bahan yang dibutuhkan yaitu jagung manis, tahu putih, telur, dan bawang putih. Rebus telur dan kukus tahu serta jagung hingga matang. Tumis bawang putih lalu masukkan bahan-bahan lainnya. Haluskan menggunakan blender atau food processor. Terakhir tambahkan ASI agar tekstur lebih pas.

Puree Apel

Selain menggunakan beberapa bahan sekaligus, Anda juga boleh menggunakan satu bahan utama saja. Untuk membuat puree apel, Anda harus menyiapkan buah apel matang, air, dan bubuk kayu manis. Kukus apel terlebih dahulu hingga empuk. Selanjutnya haluskan apel menggunakan food processor. Tambahkan bubuk kayu manis lalu aduk hingga rata.

Itulah 3 resep makanan bayi 6 bulan yang bisa Anda coba dengan mudah di rumah. Ingin membuat MPASI yang jauh lebih praktis? Anda bisa memilih Nestle Cerelac Bubur Sereal atau Bubur Sereal Susu. Cara pembuatannya yaitu hanya dengan mencampurkan MPASI dengan air atau ASI. Banyak pilihan rasa dari Nestle Cerelac sehingga bisa dijadikan variasi makanan Si Kecil.