Kredit atau pinjaman atau yang leih dikenal dengan pembiayaan perbankan merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh perbankan. Dalam hal pemberian pinjaman ini bank menjalankan tugasnya sebagai pihak penghimpun dan penyedia dana bagi orang orang yang kelebihan dana ataupun kekurangan dana. Maka dari itu dapat ditarik kesimpulan bahwa bank merupakan lembaga yang bertugas untuk menghimpun dan juga menyalurkan dana dari dan kepada masyarakat.

Dalam menjalankan fungsinya sebagai penyalur dana dan penghimpun dana yang salah satunya adalah pinjaman bak memiliki tujuan dan fungsi masing masing dan berbeda pada setiap bank. Salah satu bank yang memiliki produk pembiayaan adalah bank danamon dimana bank danamon memiliki beberapa jenis produk pembiayaan. Secara umum beberapa tujuan pemberian kredit yag dilakukan oleh perbankan adalah sebagai berikut.

  1. Mendapatkan Keuntungan
    Dalam mendapatkan keuntungan ini bank menggunakan system Bunga. Bunga tersebut merupakan tanda balas jasa yang diberikan oleh nasabah kepada bank selain itu juga terdapat biaya administrasi yang dibebankan kepada nasabah.
  2. Pengembangan Usaha Nasabah
    Dengan memberikan kredit yang berupa tambahan modal bank secara tidaak langsung ikut mmendukung pengebangan usaha nasabahnya.
  3. Peningkatan Perekonomian
    Dalam peningkatan perekonomian ini kredit yang di berikan oleh bank bisa digunakan untuk memperluas usaha dan akan berdampak pada kebutuhan tenaga kerja. Selain itu pemberian pinjaman secara langsung juga akan meningkatkan konsumsi terhadap barang dan jasa. Yang akan berdampak pada peningkatan gross domestic product.

Selain beberapa tujuan tadi pemberian pinjaman bank juga memiliki beberapa fungsi antara lain yaitu.

  • Peningkatan Peredaran dan Lalu Lintas Uang
  • Peningkatann Daya Guna Barang
  • Peningkatan Pendapatan
  • Peningkatan Motif Usaha

Itu tadi beberapa tujuan dan fungsi pemberian kredit atau pinjaman yang dilakukan oleh perbankan. Jadi bagi anda yang saat ini mempunyai insiatif untuk mengembanngkan usaha anda atau untuk memenuhi kebutuhan anda maka tidak ada salahnya jika anda mencoba salah satu produk yang disediakan oleh perbankan.