Sebagai suatu agama dalam Islam diajarkan berbagai hal yang berkenaan dengan hidup manusia, semuanya ada demi menjadikan kehidupan yang selaras, seimbang, dan yang lainnya. Termasuk dalam mengatur bagaimana cara hidup sehat yang bisa dilihat dari nabi urusanNya.  Nabi Muhammad SAW mengajarkan bagaimana caranya hidup yang sehat dengan contoh yang beliau lakukan sendiri, sehingga bagi kita umatnya yang ingin hidup sehat dan sesuai dengan perintah agama maka ada berbagai hal yang bisa dilakukan sesuai contoh yang diajarkannya berikut.

  1. Tidak suka bergadang. Cara hidup sehat Rasulullah itu saat istirahat selepas isya suka cepat dan untuk bangun juga cepat, sehingga sesusah shalat isya beliau tidak suka untuk berbincang-bincang atau ngobrol yang tidak bermanfaat. Untuk perkiraan jam sekarang beliau tidur tidak sampai lewat dari jam 21.30 dan bangun sekitar jam 3 pagi untuk melakukan shalat malam.
  2. Sering berpuasa. Selain sebagai ibadah Rasulullah juga sosok yang rajin melakukan ibadah puasa, khusunya puasa senin-kamis yang menjadi sunahnya. Dengan berpuasa bisa menjadikan tubuh lebih sehat dan terhindari dari berbagai resiko penyakit seperti diabetes, kanker, jantung, dan yang lainnya.
  3. Pola makan yang dijaga. Selain berpuasa dalam pola makan juga diatur dengan baik, misalnya saat pagi-pagi beliau sering mengkonsumsi air dingin yang dicampur dengan madu asli. Selanjutnya memasuki waktu duha beliau juga mengkonsumsi 7 buah kurma ajwa kesukaan beliau. Menjelang sore beliau juga rutin mengkonsumsi minyak zaitun sedangkan malam dengan mengkonsumsi sayur-sayuran penuh nutrisi.
  4. Tidak suka marah. Tubuh yang sehat juga harus dimulai dari jiwa yang sehat, untuk hal ini cara yang dapat dilakukan seperti dengan menjaga emosi dengan tidak mudah untuk marah. Dengan marah yang terkontrol maka kesehatan pun semakin terjaga dengan baik.
  5. Memperhatikan kebersihan. Menjaga kebersihan diri misalnya dengan mandi, memotong kuku, mencukur kumis, bersiwak serta menggunakan minyak wangi juga menjadi kebiasaan beliau dalam menjaga kebersihan.

Sebenarnya untuk menjaga kesehatan dalam agama Islam seperti yang diajarkan Rasulullah masih banyak yang lainnya seperti dengan berolahraga rutin dan yang lainnya. Yang terpenting disini anda bisa menjaga kesehatan dengan benar.