Anak-anak yang mengalami susah buang air besar atau konstipasi tentu bisa meresahkan orang tuanya. Terlebih lagi jika anak susah bab sudah berhari-hari, selain menyebabkan anak tidak nyaman bagi orang tua juga akan semakin khawatir. Dari itu menjadi penting sebagai orang tua mengetahui apa saja yang bisa dilakukan agar anaknya terbebas dari masalah bab.

Dari berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak susah bab berikut ini kami tuliskan tips-tips yang bisa dilakukan untuk anda sebagai orang tua jika mendapati anaknya terkena konstipasi.

  1. Pijat perut anak. Untuk memijat perut anak yang terkena konstipasi bisa dilakukan pada bagian bawah pusar anak anda. Lakukan pemijatan menggunakan tiga jari secara lembut sehingga membuat anak merasa nyaman dan tidak merasa kesakitan.
  2. Perhatikan pemberian makanan. Pemberian makanan terutama pada anak yang bru diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI sebaiknya dilakukan secara perlahan. Maksudnya jika harus memberikan makanan padat maka usahakan tidak langsung dengan memberikan makanan yang berat seperti nasi. Selain itu perhatikan juga akan porsinya jangan sampai terlalu banyak.
  3. Buat anak menjadi aktif. Anak yang bergerak aktif juga bisa menjadi tips lain dalam menangani susah bab. Dengan bergerka aktif seperti jalan-jalan atau olahraga ringan bisa mendorong feses dalam saluran pencernaan anak mudah keluar, sehingga anakpun tidak kesulitan lagi saat akan bab.
  4. Berikan makanan tinggi serat. Beragam makanan tinggi serat bisa didapatkan misalnya dari sayuran, buah-buahan, gandum, dan yang lainnya. Dengan terpenuhinya kebutuhan tersebut maka sistem pencernaan anakpun bisa bekerja dengan normal.
  5. Mandikan anak dengan air hangat. Memandikan anak dengan air bisa berpengaruh untuk anak menjadi lebih rileks. Dampaknya pada saluran pencernaan anakpun menjadi gampang saat akan mengeluarkan kotoran.
  6. Penuhi kebutuhan nutrisi anak. Pemenuhan kebutuhan nutrisi anak yang terpenuhi dengan baik bisa menjadikan tumbuh kembangnya berjalan dengan baik. Untuk pemenuhan ini yang bisa dilakukan salah satunya yaitu dengan memberikan anak susu Dancow yang kaya akan berbagi nutrisi penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here