Sinar matahari atau sinar ultraviolet sebenarnya sangat memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan manusia jika digunakan dengan benar. Namun, sinar ultraviolet yang diterima kulit jika berlebihan akan menyebabkan radiasi yang bisa merusak kulit. Kerusakan kulit akibat radiasi sinar ultraviolet sangat membahayakan bagi manusia itu sendiri.

Kelebihan sinar ultraviolet yang diterima kulit akan membakar kulit dan bisa menyebabkan kanker kulit yang sangat ditakuti oleh siapapun. Penggunaan tabir surya dipercaya sangat membantu anda dalam melindungi kulit anda dari radiasi sinar ultraviolet. Namun, penggunaan tabir surya yang kurang efektif, bukannya bisa mengatasi yang ada malah tidak memiliki dampak apapun terhadap kesehatan kulit anda.

Maka dari itu, kita harus mengetahui cara – cara penggunaan tabir surya yang efektif untuk mengatasi radiasi sinar ultraviolet yang menimpan kulit kita. Dengan penggunaan yang benar, maka tabir surya bisa dirasakan manfaatnya oleh kita. Beberapa cara penggunaan tabir surya yang benar dan efektif untuk kulit kita diantaranya sebagai berikut :

  1. Gunakan produk kosmetik atau tabir surya dengan SPF 15 atau lebih jika Anda akan beraktivitas di luar dan terpapar sinar matahari secara langsung.
  2. Pilihlah tabir surya yang memberikan perlindungan terhadap berbagai macam radiasi, termasuk radiasi UV-A.
  3. Pilih tabir surya yang tahan air (waterproof) dan tahan keringat (sweatproof).
  4. Pilih tabir surya yang bebas PABA atau Para-aminobenzoic acid. PABA bisa membuat alergi pada kulit.
  5. Oleskan krim tabir surya dengan tebal 20 menit sebelum Anda beraktivitas di luar ruangan.
  6. Oleskan krim tabir surya pada bagian hidung, telinga, belakang leher, dan daerah lain yang terpapar sinar matahari.
  7. Jangan lupa selalu memeriksa umur kedaluwarsa tabir surya Anda.
  8. Tabir surya sebaiknya tidak diberikan kepada bayi berusia di bawah 6 bulan.

Itulah beberapa cara penggunaan tabir surya yang efektif untuk mengatasi segala gangguan kulit akibat radiasi sinar ultraviolet. Lakukan cara – cara tersebut agar anda bisa memeperoleh manfaat dari tabir surya yang anda gunakan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here