Siapa yang tak kenal kain satin? Di mana bahan yang satu ini memiliki karakteristik tersendiri, dan cukup banyak diminati. Permukaannya yang terasa halus dan licin, serta nampak mengkilap, terjadi karena proses pembuatan kain satin ditenun dengan menggunakan teknik serat filamen. Satin tepat digunakan sebagai bahan pembuatan busana formal, baik untuk acara pesta pernikahan, busana pengantin, hingga pembuatan jilbab. Yang akan memberikan kesan elegan, dan mewah pada pemakainya. Dalam dunia fashion, tentu masih banyak lagi jenis kain lainnya selain satin. Namun yang perlu diingat, pada dasarnya setiap jenis kain tersebut membutuhkan perawatan khusus, sehingga kain tersebut memiliki warna, ketahanan, dan kualitas yang tetap baik.

Adapun untuk fashion berbahan satin, agar tidak mudah sobek, serat kain rusak, serta warna yang memudar, maka perlu diterapkan perawatan serta perhatian yang tepat seperti di bawah ini:

  1. Penting sekali pada saat proses mencuci, memisahkan setiap pakaian dengan bahan yang berbeda, termasuk kain satin. Karena saat semua jenis kain dicuci bersamaan dalam tempat yang sama, di khawatirkan bahan yang lembut akan mengalami kerusakan pada permukaannya, kemudian menjadi rapuh dan mudah sobek. Terlebih kain satin bahannya cukup tipis dan sensitif.
  2. Gunakan detergen pencuci yang lembut, sehingga mampu menjaga kualitas satin. Rendam beberapa saat, sampai larutan detergen mampu mengikat kotoran-kotoran serta debu yang menempel pada kain. Kemudian kucek dengan perlahan menggunakan tangan, yang pasti hindari penggunaan mesin cuci.
  3. Setelah di kucek dan dibersihkan menggunakan air bersih mengalir. Selanjutnya jemur pakaian berbahan satin pada tempat yang tidak terkena cahaya matahari secara langsung, dan biarkan kain terkena angin hingga kering dengan sendirinya.
  4. Apabila pakaian berbahan satin kesayangan anda telah kering, untuk mempertahakankan kerapihannya. Anda dapat langsung menggantungkannya di lemari sejuk anda, atau menyetrikanya terlebih dahulu dengan suhu yang tidak terlalu panas.
  5. Penting untuk diketahui, saat hendak menggunakan parfum. Gunakan dengan jarak minimal 70 cm dari pakaian anda, sehingga tidak meninggalkan bekas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here