Memiliki anak yang baik, jujur, bertanggung jawab, dan percaya diri adalah impian setiap orang tua. Berbagai cara dilakukan untuk mendidik buah hati kita menjadi orang yang kita inginkan. Banyak sekali cara asuh yang diterapkan orang tua saat mengasuh buah hati mereka di dalam keluarga, cara asuh tersebut biasa kita sebut pola asuh anak. Hal ini sangat berperan penting dalam pembentukan karakter seorang anak kelak di kemudian hari.

Terkadang orang tua memiliki ambisi dan target tertentu untuk masa depan anak mereka, sehingga terkadang mereka mengesampingkan pembentukan karakter dalam pola asuh anak mereka, dan hanya mengedepankan dan memperiapkan pendidikan formal saja.

pola asuh anakNamun hal tersebut sebenernya kurang baik karena karakter merupakan hal yang paling utama dalam diri seorang anak.

Lakukanlah beberapa hal berikut jika anak anda ingin memiliki karakter yang baik :

  • Ajarkan toleransi

Dalam kegiatannya sehari – hari terkadang seorang anak memiliki rasa kepemilikan yang tinggi sehingga tidak mau mengalah baik pada saudaranya ataupun temannya, ajarkanlah toleansi, menghargai, dan mengalah pada anak kita maka ia akan belajar mengendalikan diri dan tidak akan menjadi keras kepala dan egois.

  • Berikan kasih sayang dan ajarkan persahabatan

Pada pola asuh anak anda berilah kasih sayang, kasih sayang dapat diberikan dalam bentuk perhatian, ataupun pelukan. Peluklah anak anda minimal sekali dalam sehari hal itu akan membuat anak anda merasa disayangi dan dibuthkan. Selain dari itu kita juga dapat memperlakukan anak kita sebagai sahabat agar ia merasa orang tuanya adalah sahabatnya dan dapat ekomunikasi dengan terbuka.

  • Asuh dengan kelembutan

Dalam pola asuh anak lakukanlah dengan kelembutan, hidarilah kata kasar dan bentakan. Menurut hasil penelitian jika kita membentak anak maka sebenarnya hal tersebut dapat merusak beberapa syaraf penting yang ada di otaknya, sehingga perkembangan otaknya tidak akan berkembang dengan baik dan sempurna.

Pola asuh anak sangat penting bagi perkembangan karakternya kelak di kemudian hari, maka kita sebagai orang tua alangkah baiknya kita melakukan beberapa hal tersebut di atas agar terbentuk anak yang berkarakter baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here