Beragam masakan khas Indonesia bisa kita hidangkan sebagai menu keluarga sehari-hari. Mulai dari menu berbahan dasar sayur hingga daging seperti ayam, sapi dan ikan. Salah satu dari aneka resep masakan Nusantara yang akan kita coba buat di bawah ini adalah pecak ikan goreng pedas.

Sesuai namanya, resep ini membutuhkan bahan utama ikan serta memiliki rasa pedas yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Resep ini terutama bisa dicoba oleh kita yang menggemari masakan ikan. Pecak merupakan bumbu yang terdiri dari bawang, kemiri, jahe dan lain-lain yang dihaluskan. Namun dalam resep kali ini akan digunakan bumbu yang lebih sederhana agar memudahkan dalam proses memasak.

aneka resep masakan nusantaraBahan-bahan yang dibutuhkan antara lain adalah lima ekor ikan mujair yang telah dibersihkan dan dikerat badannya, penyedap rasa serta gula dan garam secukupnya saja. Untuk bumbu halus, dibutuhkan bawang putih sebanyak tiga siung, bawang merah sebanyak lima siung, cabai merah sebanyak lima buah, cabai rawit sebanyak tujuh buah atau sesuai selera agar rasa pedasnya pas, kencur sebanyak dua sentimeter dan perasan jeruk nipis secukupnya saja.

Pertama, lumuri ikan terlebih dahulu dengan menggunakan jeruk nipis serta garam. Rendam dan diamkan selama kurang lebih sepuluh menit. Hal ini dilakukan agar bau amisnya bisa menghilang. Setelah itu goreng ikan sampai matang serta krispi.

Ulek bumbu halus sampai hancur, akan tetapi jaga agar jangan benar-benar halus. Tumis bumbu halus dalam minyak hingga tercium bau harum. Masukkan gula serta garam secukupnya saja. Tambahkan tomat apabila ingin lebih segar.

Apabila bumbu telah matang, siramkan di atas ikan yang sudah digoreng. Pecak ikan goreng pedas telah siap untuk dinikmati. Aneka resep masakan Nusantara di atas tergolong sederhana dan mudah untuk dimasak oleh siapa saja. Kita bisa mempraktekkan resep lain yang juga sederhana dari website NICI atau Nestle Indofood Citarasa Indonesia. Tak hanya resep, di website NICI juga tersedia variasi menu serta tips dalam mengolah masakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here