Daun sirih merupakan salah satu tanaman obat herbal yang banyak tumbuh di Indonesia. Pohonnya yang merambat dan daun nya memiliki bentuk seperti hati. Di Indonesia tanaman ini sering di gunakan sebagai salah satu obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Seperti pada seseorang yang sedang sakit pada giginya, maka ada baiknya untuk mengunyah mentah-mentah  sirih ini seagai salah satu obat untuk meringkan sakit gigi. Maka tidak heran orang tua jaman dahulu sering kita jumpai selalu mengunyah sirih ini selain dari untuk kesahatan gigi baik juga untuk orang yang sariawan.

Tapi Daun sirih ini sudah menjadi bahan tanaman yang sangat penting dalam dunia medis. Karena telah di temukan senyawa yang terkandung di dalamnya. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung minyak terbang (betlephenol), diatase, pati, gula, seskuiterpen, dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman.

Maka dari itu, bagi perempuan yang memiliki penyakit keputihan ada baiknya untuk mengkonsumsi tanaman sirih ini. Untuk mengatasi keputihan ini maka di perlukan untuk telaten bagi para kaum perempuan yang ingin lekas sembuh dengan terus mengkonsumsi tanaman sirih ini.

Cara nya cukup mudah bagi anda :

  • Ambil sekiranya 10 lembar daun sirih, cuci sebentar dengan air mengalir
  • panaskan dengan 2 liter air
  • Setelah mendidih, ke sepuluh lebar sirih tersebut selama 3-5 menit
  • Lalu tunggu air menjadi hangat
  • gunakan ari rebusan tersebut untuk membasuh pada daerah kemaluan

Selain dari sirih yang warna hijau, ada juga manfaat dari daun sirih yang berwarna meraha yang dapat digunakan sebagai obat herbal untuk keputihan dengan menggunakan daun sirih merah. Daun sirih merah ini merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang bisa di gunakan sebagai obat keputihan dalam membantu untuk mengobati keputihan yang merupakan warisan dari nenek moyang kita. Dari tanaman daun sirih merah ini biasanya di gunakan adalah bagian dari daunnya saja. Manfaat dari daun sirih merah memang sudah memang sudah lama di kenal dan membantu mengatasi masalah keputihan dibandingkan dengan sirih yang hijau.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here