kesehatanUmum

Tips Memaksimalkan Pertumbuhan Anak

Pertumbuhan merupakan perubahan secara fisik yang terjadi pada anak yang dapat kita lihat pada bertambahnya berat badan ataupun tinggi badan. Dan pertumbuhan menjadi suatu proses yang akan dilalui oleh setiap anak yang akan terjadi secara berbeda. Namun, tidak setiap anak dapat tumbuh dengan baik karena tidak semua orang tua mengetahui akan cara yang dilakukan untuk menjadikan pertumbuhan anak berjalan dengan baik.

Proses pertumbuhan akan berjalan dengan baik dan maksimal dipengaruhi oleh beberapa faktor yang dapat dilakukan oleh setiap orang tua.

Makanan sehatMakanan sehat akan dapat mempengaruhi pertumbuhan dari setiap anak, dan masih banyak hal lain yang mempunyai peran sebagai faktor pendukung pertumbuhan anak. Dan berikut ini adalah tips memaksimalkan pertumbuhan anak yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari dengan mudah.

Tips yang pertama adalah usahakanlah untuk memberikan ASI atau air susu ibu eksklusif sampai anak berusia dua tahun. Mungkin, kini ada sebagian ibu yang masih ragu untuk memberikan ASI pada anaknya dengan berbagai alasan yang dimilikinya. Salah satu alasan yang banyak diungkapkan ibu yang ragu memberikan ASI adalah memiliki ketakutan akan berubahnya penampilan yang akan berpengaruh terhadap pekerjaannya.

Padahal ASI atau air susu ibu adalah asupan atau makanan sehat terbaik untuk anak sampai usia enam bulan karena sudah kita ketahui di usia enam bulan pertama anak tidak dapat mengkonsumsi makanan selain ASI.

Begitu besar kandungan manfaat yang terdapat pada ASI dan salah satunya dapat memaksimalkan pertumbuhan anak. Berbeda dengan anak yang tidak merasakan asupan ASI di usia dua tahun pertamanya, maka tingkat pertumbuhannya pun akan berjalan dengan kurang baik dan maksimal.

Tips yang kedua adalah berusahalah untuk selalu memenuhi kebutuhan tidur anak disetiap harinya. Sudah kita ketahui bahwa tidur merupakan satu kebutuhan yang sangat penting untuk kita semua setelah lelah seharian melakukan berbagai aktifitas.

Sama halnya dengan anak-anak yang bahkan tidak hanya membutuhkan tidur pada malam hari, melainkan juga pada siang hari. Karena ternyata bukan hanya makanan sehat yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak melainkan juga tidur. Karena tidur  dapat bermanfaat untuk menggantikan sel-sel dengan sel baru yang tentunya dapat berpengaruh baik terhadap pertumbuhan tubuh sang anak.

Dan agar anak dapat lebih cepat tertidur, kita dapat membuatkan segelas susu karena susu mempunyai salah satu kandungan yang bermanfaat dapat memberikan rasa kantuk lebih cepat.

Dan salah satu produk susu yang dapat kita pilih adalah susu dancow. Itulah beberapa tips memaksimalkan pertumbuhan anak yang dapat kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat.